MUDIK LEBARAN 2024

Puncak Mudik, Tol Cikatama dan Stasiun Pasar Senen Terpantau Padat

Laporan: Firdausi
Minggu, 07 April 2024 | 17:32 WIB
Kepadatan di Tol Cikatama (SinPo TV)
Kepadatan di Tol Cikatama (SinPo TV)

SinPo.id - Pergerakan lalu lintas (lalin) arus mudik pada H+3 Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 dari Gerbang Tol Cikampek Utama atau Cikatama, Jawa Barat, terpantau ramai.

Pantauan di lapangan pada Minggu, 7 Apri 2024 sore, arus lalu lintas yang didominasi kendaraan pribadi dan bus memadati ruas tol. Terlihat arus kendaraan padat namun masih ramai dan lancar.

Di gerbang Tol Cikampek Utama, keramaian masih sama seperti beberapa hari yang lalu. Jasa Marga memberlakuan sistem one way dimulai KM 77 GT Cipali hingga KM 414 GT Kalikangkung, Jawa Tengah.

Jalur satu arah atau one way, khusus Kendaraan yang menuju arah Semarang dan Solo dan sekitarnya.

Kasa Marga dan Korlantas Polri, mengimbau pemudik yang membawa kendaraan pribadi untuk memeriksa terlebih dulu kelaikannya. Selain itu, saldo kartu elektronik juga harus disiapkan demi kelancaran untuk mudik.

Pemudik juga diimbau mengontrol kecepatan yang normal untuk mengantisipasi kecelakanan. Juga demi kelancaran mudik penuh cinta untuk bertemu kembali keluarga.

Begitu pula pantauan wartawan SinPo.id di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Sudah terlihat kepadatan pemudik yang signifikan. Para pemudik terlihat desak-desakan di tempat anterian pemudik.

Dari laporan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memperkirakan sebanyak 26.663 penumpang akan berangkat mudik dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta, pada H-3 Hari Raya Idulfitri atau Minggu, 7 April 2024.

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan, puncak arus mudik terjadi pada H-4 Lebaran 2024.

Tercatat, KAI akan memberangkatkan 47.000 penumpang dari Daop I Jakarta ke Daop tujuan berikutnya. 

Sementara itu, untuk hari ini, dia menyebutkan bahwa diperkirakan sebanyak 45.000 penumpang akan berangkat mudik dari Daop 1 Jakarta. 

Diketahui, selama masa mudik Lebaran 31 Maret-21 April 20124, KAI Daop 1 Jakarta telah menyedikan sebanyak 1.688 perjalanan kereta dengan rata-rata 77 perjalanan per harinya, dengan rincian 40 perjalanan berangkat dari Stasiun Gambir dan 37 perjalanan berangkat dari Stasiun Pasar Senen.

Berdasarkan data KAI Daop 1 Jakarta, mayoritas tujuan wilayah para pemudik pada masa mudik Lebaran 2024 adalah Surabaya, Jawa Timur. Lalu diikuti wilayah di Jawa Tengah yakni Solo, Kutoarjo, dan Purwokerto.

KAI Daop 1 Jakarta mencatat ada kenaikan jumlah pemudik pada masa mudik Lebaran 2024 yang berangkat dari stasiun wilayah Jakarta dibanding masa mudik Lebaran tahun sebelumnya.

"Dari jumlah perjalanan KAJJ tersebut telah disediakan sebanyak 963.948 seat/tempat duduk dengan rata-rata perhari sebanyak 43.816 seat/tempat duduk," ujar Ixfan.sinpo

Komentar: