MUDIK LEBARAN 2024

Polda Banten Prediksi Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Merak Terjadi H-3 Lebaran

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 05 April 2024 | 17:24 WIB
Polda Banten
Polda Banten

SinPo.id -  Puncak arus mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten diprediksi terjadi pada Sabtu 6 April 2024 atau H-3 Lebaran. Prediksi arus mudik itu disampaikan Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Leganek Mawardi.

"Besok puncak arus mudik," kata dia ditemui di Pelabuhan Merak pada Jumat 5 April 2024.

Dia memprediksi puncak arus mudik itu melihat dari jumlah pemesanan tiket via online.
Meskipun begitu terjadi peningkatan jumlah kendaraan bermotor yang masuk ke Tol Tangerang-Merak.

"Naik 28 persen kendaraan melintas di gerbang tol sehari kemarin dibandingkan sehari sebelumnya," kata dia

Hingga Jumat siang, belum terlihat kepadatan penumpang di salah satu pintu gerbang masuk ke Pulau Sumatera tersebut. Sementara itu, kepadatan terjadi di area pintu masuk Pelabuhan Ciwandan. Pada Kamis malam terjadi kepadatan arus kendaraan angkutan barang masuk ke area pelabuhan. Hal ini, karena mulai Jumat ini mulai diberlakukan pembatasan kendaraan angkutan barang di Pelabuhan Ciwandan. Antrean kendaraan sempat mengular hingga 2 Km.

Dia menegaskan Pelabuhan Ciwandan untuk prioritas kendaraan roda dua dan kendaraan roda enam untuk memuat bahan pokok, BBM, dan sembako lainnya.

"Animo pengemudi angkutan barang menyeberang ke Sumatera. (Antrean,-red) 2 Km menuju Pelabuhan Ciwandan. (Jumat,-red) Jam 00.00 tidak ada antrean. Terlayani semua," ujarnya

Dia memastikan pelayanan pemudik di Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ciwandan, dan Pelabuhan Bandar Baru, Jaya aman dan terkendali. Pihaknya menyatakan kesiapan melayani pemudik.

"100 persen siap layani pemudik di titik pos pengamanan, pos pelayanan, dan posteradu," tambahnya
sinpo

Komentar: