Jelang Mudik Lebaran, Harga Tiket Pesawat Diminta Tak Memberatkan Masyarakat

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 03 April 2024 | 14:13 WIB
Ilustrasi pesawat. (SinPo.id/Istock)
Ilustrasi pesawat. (SinPo.id/Istock)

SinPo.id - Anggota Komisi V DPR RI Athari Gauthi Ardi meminta pemerintah berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk mengendalikan harga tiket pesawat. Harga tiket pesawat tidak boleh memberatkan masyarakat, khususnya para pemudik Lebaran 2024.

Athari mengaku persoalan harga tiket sudah dibicarakan Komisi V dengan beberapa stakeholder terkait. Salah satunya, Ditjen Perhubungan Udara (Hubud) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Permasalahan soal tiket mahal ini sudah kita bicarakan dengan pihak stakeholder terkait dan tentu perhubungan udara," kata Athari kepada wartawan, Rabu, 3 April 2024.

Legislator Fraksi PAN ini menuturkan tidak sedikit pihak yang mengeluhkan kenaikan harga tiket pesawat dalam pelaksanaan mudik Lebaran 2024.

Salah satu faktor yang menyebabkan harga tiket pesawat naik adalah ketersediaan bahan bakar pesawat yang terganggu akibat adanya perang.

"Faktor kenaikan harga ini karena tidak bisa dihindari salah satunya dari bahan bakar pesawat karena akibat perang di luar," katanya. 

Untuk itu, Legislator Dapil Sumbar I itu berharap pemerintah segera memberikan solusi terbaik supaya harga tiket bisa dikendalikan. Menurutnya, yang harus diperhatikan adalah penerapan harga tiket pesawat jangan sampai melebihi tarif batas atas (TBA).

"Kami dari DPR berharap pemerintah segera memberikan solusi terbaiknya supaya harga tiket ini bisa dikendalikan dan dari DPR juga semua meminta solusi terbaik tentang harga tiket ini. penerapannya yang penting jangan sampai melebihi TBA (Tarif batas atas) dan jangan sampai melebihi dari itu," tegasnya.sinpo

Komentar: