Jelang Mudik, Sri Wahyuni Wanti-wanti PUPR Percepat Penambalan Jalan Berlubang

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 02 April 2024 | 19:29 WIB
Anggota Komisi V Sri Wahyuni. Istimewa
Anggota Komisi V Sri Wahyuni. Istimewa

SinPo.id - Anggota Komisi V Sri Wahyuni mewanti-wanti Kementerian PUPR untuk segera mempercepat penambalan jalan-jalan berlubang. Percepatan perbaikan jalur mudik penting demi keselamatan para pemudik.

Terlebih, berdasarkan catatan pemerintah sekitar 35,4 juta masyarakat akan mudik menggunakan mobil pribadi. Sedangkan pemudik yang menggunakan sepeda motor mencapai 31,12 juta dan mobil sewa 11,64 juta.

"Kementerian PUPR harus segera menambal jalan-jalan yang berlubang supaya pemudik aman," kata Sri kepada SinPo.id, Jakarta, Selasa, 2 April 2024.

Legislator Fraksi Partai NasDem ini juga meminta pemerintah untuk menyiagakan pos-pos di jalan yang rawan kecelakaan. Termasuk, pos kesehatan bagi para pemudik dan bengkel kendaraan untuk memfasilitasi pemudik.

Sri memprediksi jumlah pemudik pada lebaran tahun ini mengalami lonjakan signifikan. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bahkan memperkirakan pemudik mencapai 193,5 juta atau meningkat sekitar 55 persen dari mudik lebaran tahun lalu.

Oleh karenanya, Sri mengimbau kepada pada pemudik untuk tidak malas mengecek ulang kelayakan kendaraan. "Harus mengecek ulang kelayakan kendaraan," katanya.

Sementara itu, terkait harga tiket yang kian mahal mendekati hari H, Sri meminta agar angkutan pemerintah betul-betul mengawasi kenaikan harga. Jangan sampai, kenaikan itu justru memberatkan masyarakat.

Di sisi lain, kata Sri, Komisi V DPR sejauh ini sudah melakukan kunjungan kerja spesifik ke terminal untuk memastikan mudik masyarakat aman, nyaman, dan lancar.

"Khusus untuk angkutan pemerintah wajib dicek tiketnya jangan sampai ada lonjakan harga tiket," tegas Sri.

Pemerintah memprediksi puncak arus mudik terjadi pada H-2 lebaran atau Senin, 8 April 2024, dengan porsi 13,74 persen atau setara 26,6 juta pergerakan. Adapun puncak arus balik diprediksi terjadi H+3 lebaran atau Minggu, 14 April 2024, dengan porsi 21,16 persen atau setara 40,99 juta pergerakan.sinpo

Komentar: