Pengamat Yakin Prabowo Bakal Terus Rangkul Parpol di Luar Koalisi

Laporan: Tio Pirnando
Jumat, 29 Maret 2024 | 16:56 WIB
Pertemuan Prabowo dan Surya Paloh di NasDem Tower (Sinpo.id/Ashar)
Pertemuan Prabowo dan Surya Paloh di NasDem Tower (Sinpo.id/Ashar)

SinPo.id - Pakar politik dari Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro meyakini, Prabowo Subianto akan tetus berupaya merangkul partai politik (parpol) di luar koalisi, dalam rangka memperkuat pemerintahannya mendatang. 

Menurut Wiwik, sapaan akrabnya, hal itu terlihat dari komunikasi politik yang sudah dijalin dengan partai lain yang dilakoleh kubu Prabowo.

"Setelah berhasil berkomunikasi dengan Partai Nasdem, Prabowo ingin melanjutkan safarinya ke PDI Perjuangan dan PPP," kata Wiwik kepada wartawan, Jumat, 29 Maret 2024.

Wiwik menilai, saat ini posisi dan peran politik PDI Perjuangan sebagai partai pemenang pemilu 2024 harus diperhitungkan oleh Prabowo. Dengan merangkul partai pemenang, Prabowo akan menjalankan model executive heavy.

"Posisi Prabowo akan sangat kuat, model executive heavy yang membuat semua kebijakan presiden baru nanti didukung DPR," kata dia.

Model politik tersebut, menurut dia, bakal membuat kebijakan-kebijakan presiden nantinya selalu lancar, tanpa ada rintangan-rintangan ketika akan diuji di lembaga legislatif atau DPR.

Sebelumnya, pada Jumat lalu, Prabowo menemui Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh setelah dinyatakan unggul dalam Pilpres 2024 oleh KPU. 

Kemudian sejumlah politisi dari Partai Gerindra, PDI Perjuangan, dan PPP juga mengatakan bahwa tak menutup kemungkinan bakal ada pertemuan di antara partai-partai tersebut.

Pada masa kampanye, Prabowo Subianto menyampaikan dirinya ingin merangkul semua kekuatan di Indonesia jika memenangi Pilpres 2024.

Prabowo mengaku bersedia untuk tidak membedakan, baik pendukungnya maupun bukan, ketika terpilih menjadi presiden

"Kalau yang diberi mandat Prabowo-Gibran, saya akan merangkul semua kekuatan di Indonesia. Tidak akan ada yang saya tinggalkan," kata Prabowo saat berkampanye di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu, 10 Desember 2023 silam. sinpo

Komentar: