Pemprov DKI Beli Moge Listrik Rp6,3 M untuk Kawal Gubernur Terpilih

Laporan: Tio Pirnando
Rabu, 27 Maret 2024 | 11:23 WIB
Motor gede bertenaga listrik Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta untuk kegiatan patroli dan pengawalan (patwal) di Silang Monas, Jakarta Pusat pada 18 September 2023. (SinPo.id/Antara)
Motor gede bertenaga listrik Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta untuk kegiatan patroli dan pengawalan (patwal) di Silang Monas, Jakarta Pusat pada 18 September 2023. (SinPo.id/Antara)

SinPo.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana membeli lima unit sepeda motor gede (moge) listrik dengan anggaran Rp6,35 miliar, berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024. Moge listrik ini akan dipakai jajaran Dishub DKI untuk pengawalan VVIP gubernur terpilih dalam Pilkada 2024.

"Motor listrik tersebut akan digunakan prioritasnya untuk pemanduan gubernur terpilih nanti. Kan baru tahun depan dia ada," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan, Selasa, 26 Maret 2024. 

Menurut Syafrin, pengadaan moge listrik ini sudah cukup urgen. Alasannya, kegiatan kerja gubernur setiap harinya sangat padat.

Karena itu, diperlukan kendaraan yang ramah lingkungan. Terlebih, sejak munculnya masalah polusi udara di Jakarta, Pemprov DKI terus mengimbau masyarakat mengurangi penggunaan kendaraan BBM.

"Jadi, bagaimana kita mengajak masyarakat kemudian kita sendiri boros dengan polusi," ucap Syafrin.

Adapun pembelian moge listrik termasuk mobil dinas listrik pejabat Pemprov DKI, menurut Syafrin,  merupakan tindak lanjut dari perintah Presiden Joko Widodo. 

Hal ini tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

"Ada Instruksi Presiden Nomor 7 terkait pemanfaatan kendaraan motor listrik berbasis baterai untuk kendaraan dinas maupun perorangan. Nah, oleh sebab itu kami selaku Dishub memilih kendaraan listrik itu pertama untuk patroli," tukas Syafrin.sinpo

Komentar: