FESTIVAL BEDUK

Sebanyak 20 Tim Ramaikan Festival Beduk Jakarta Timur

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Selasa, 19 Maret 2024 | 23:20 WIB
Ilustrasi festival beduk (SinPo.id/ Dok. Beritajakarta)
Ilustrasi festival beduk (SinPo.id/ Dok. Beritajakarta)

SinPo.id - Sebanyak 20 tim dari 10 kecamatan mengikuti Festival Beduk Ramadan di kantor Wali Kota Jakarta Timur, Selasa, 19 Maret 2024. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wali Kota Jaktim, Muhammad Anwar.

Anwar berharap, para peserta dapat menunjukkan penampilan terbaiknya. Diharapkan nantinya perwakilan Jaktim dapat jadi juara di tingkat provinsi.

Menurut Anwar, festival ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam pelestarian seni tradisi agar tidak tergerus zaman.

"Pemerintah Kota Jakarta Timur juga selalu berkomitmen dalam pengembangan, pembinaan dan pemberdayaan seni budaya, khususnya seni budaya tradisional," kata Anwar, dikutip dari laman resmi Pemprov DKI, Selasa, 19 Maret 2024.

Selain itu, kata Anwar, kegiatan ini juga jadi ajang silaturahmi antar warga dari 10 kecamatan.

Sementara, Kasudin Kebudayaan Jakarta Timur, Berkah Shadaya menambahkan, festival beduk ini untuk mengembangkan kemampuan, minat dan bakat masyarakat di wilayah Jaktim.

Nantinya, pemenang lomba akan mendapatkan piala, serifikat dan uang pembinaan. Untuk juara I mendapatkan uang pembinaan Rp 12,5 juta, kedua Rp 10 juta, ketiga Rp 8,5 juta.

Sedangkan juara harapan I Rp 7,5 dan harapan II Rp 6,5 juta. Untuk juara I, II dan III di tingkat kota akan melanjutkan lomba di tingkat provinsi yang rencananya akan dilaksanakan pada 28 Maret 2024 di halaman kantor Balaikota DKI Jakarta.

"Penilaian fokus pada alunan suara, irama beduknya.Tim juri  dari unsur Kanwil Kementarian Agama (Kemenag) DKI Jakarta, akademisi dan pegiat seni," kata Berkah.sinpo

Komentar: