UNJUK RASA

Amankan Demo di DPR dan KPU, Polisi Kerahkan 3.355 Personel Gabungan

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 19 Maret 2024 | 17:38 WIB
Ilustrasi demonstrasi (SinPo.id/ Ashar)
Ilustrasi demonstrasi (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Polisi menerjunkan sebanyak 3.355 personel gabungan untuk mengamankan aksi unjuk rasa sejumlah elemen masyarakat yang digelar di depan Gedung DPR/MPR RI dan KPU RI pada Selasa, 19 Maret 2024.

"Pengamanan aksi hari ini di depan gedung DPR/MPR RI melibatkan 2.970 personel, dan KPU RI melibatkan 385 personel," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro kepada wartawan, Selasa, 19 Maret 2024.

Menurut Susatyo, personel gabungan yang mengamankan aksi unjuk rasa ini berasal dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, dan Instansi lainnya.

Terkait rekayasa lalu lintas, kata Susatyo, pihaknya sudah menyiapkan pengalihan arus di sekitar lokasi unjuk rasa. Namun penerapan rekayasa lalu lintas bersifat situasional. 

"Kita lihat nanti jumlah massanya, bila nanti di depan DPR/MPR RI dan KPU RI massanya cukup banyak dan eskalasi meningkat, akan kami berlakukan rekayasa lalu lintas," ungkapnya. 

Lebih lanjut, Susatyo mengimbau, personel yang bertugas mengedepankan tindakan persuasif selama bertugas. Dia juga meminta massa yang akan hadir menyampaikan aksi unjuk rasa sesuai dengan aturan yang ada.

"Kami mengimbau kepada para korlap dan orator untuk melakukan orasi dengan santun dan tidak memprovokasi massa. Lakukan aksi unjuk rasa dengan damai, tidak memaksakan kehendak, tidak anarkis dan tidak merusak fasilitas umum. Hormati dan hargai pengguna jalan yang lain yang akan melintas," kata Susatyo. sinpo

Komentar: