PEMBANGUNAN IKN

Rapat dengan Komisi II, Kepala Otorita Paparkan Progres Pembangunan IKN

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 18 Maret 2024 | 15:42 WIB
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono (SinPo.id/ Ashar)
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono menjalani rapat dengar pendapat dengan Komisi II DPR RI. Dalam rapat, Bambang memaparkan progres Istana Presiden dan Lapangan Upacara sudah 58,531 persen.

Dia juga menjabarkan data terbaru yang didapat dari Kementerian PUPR per 29 Februari 2024.

"Sekadar mengingatkan, kita berada di tahap 1 yang tadi hingga akhir ini. Selanjutnya, per 5 tahun itu akan ada tahapan selanjutnya sehingga 2045. Jadi kota ini dibangun hingga 2045," kata Bambang mengawali tanggapannya di ruang rapat di Kompleks Parlemen, Jakarta, , Senin, 18 Maret 2024.

Bambang memperlihatkan progres Istana Presiden dan lapangan di IKN di angka 58,531 persen. Adapun target penyelesaian proyek itu pada Oktober 2024.

"Kemudian gedung kantor presiden juga terlihat bilah-bilah dari garudanya Insyaallah sudah mulai terpasang dan makin lama akan terlihat jelas sayap dari garuda itu akan mewarnai dari gedung kantor presiden," ujarnya.

Dia juga menjelaskan progres Gedung Kantor Presiden di angka 78,658 persen dan Gedung Sekretariat Presiden 65,195 persen.

Bambang mengatakan untuk keseluruhan, mulai Istana Presiden dan lapangan upacara, Gedung Kantor Presiden, hingga Sekretariat Presiden akan menyentuh angka 90 persen pada Agustus 2024.

"Sekretariat Presiden itu progresnya 65 persen dan Insyaallah dalam hitungan bulan nanti pada bulan Agustus kita harapkan paling mendekati, semuanya mendekati 90 persen atau mendekati penyelesaiannya," ujarnya.

Bambang mengatakan untuk rumah tapak menteri sudah berprogres di angka 85 persen. Bambang mengatakan untuk rumah menteri akan rampung pada Juni 2024.

"Ini adalah rumah tapak menteri yang sering juga diberitakan targetnya Juni ini sudah selesai," ucap dia.sinpo

Komentar: