GUBERNUR DKJ

Mpok Sylvi Usul Gubernur atau Wagub DKJ Berunsur Betawi

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 15 Maret 2024 | 19:34 WIB
Anggota DPD RI Sylviana Murni (SinPo.id/ Instagram)
Anggota DPD RI Sylviana Murni (SinPo.id/ Instagram)

SinPo.id - Anggota DPD RI Sylviana Murni (Mpok Sylvi) mengusulkan gubernur atau wakil gubernur Daerah Khusus Jakarta (DKJ) memiliki unsur Betawi. Usulan itu diutarakannya dalam rapat Panja pembahasan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) RUU DKJ.

"Ada satu solusi bagaimana kalau kita tetap mengkolaborasikan demokratis tapi di satu sisi kita perjuangkan masyarakat Betawi yang punya Jakarta. Caranya bagaimana? Ya saya melihat Papua ada OAP (orang asli Papua). Bahkan ada mudah-mudahan saya nggak salah, ada 14 anggota DPR wajib OAP," kata Mpok Sylvi di ruang rapat Badan Legislasi DPR, Gedung Nusantara I DPR, Kompleks Parlemen, Jumat, 15 Maret 2024.

Dia mengatakan pasangan calon yang ditunjuk oleh partai ada baiknya memiliki unsur Betawi. Dia ingin masyarakat Betawi diberi kesempatan untuk menjadi kepala daerah.

"Nah kalau misalnya memang ditunjuk tapi semua partai yang menunjuk pasangan-pasangan yang untuk berjuang ke Pilkada ini ada kewajiban semacam kuota perempuan 20 persen. Tapi ini wajib wagubnya-kah, gubernurnya-kah, itu harus dari unsur Betawi," ujar Mpok Sylvi.

Dia lantas menyertakan kriteria apa saja yang termasuk orang Betawi. Salah satunya, mereka yang aktif berkontribusi untuk Jakarta.

"Pertama orang Betawi itu adalah orang yang bapak dan ibunya asli Betawi. Kedua ibunya saja atau bapaknya saja yang orang Betawi. Ketiga mereka yang berkontribusi dan berprestasi yang sudah lama tinggal di Betawi dan memperjuangkan masyarakat Betawi," kata Mpok Sylvi.

"Kemudian ada beberapa lagi ada pemberian penghargaan kepada masyarakat Betawi, misalnya Pak Ketua bukan orang Betawi tapi kalau berkontribusi banyak kepada orang Betawi, why not?" imbuh mantan cawagub DKI Jakarta itu.sinpo

Komentar: