MEMBURU FREDY PRATAMA

Bareskrim Pastikan Gembong Narkoba Fredy Pratama Masih di Hutan Thailand

Laporan: Sigit Nuryadin
Rabu, 13 Maret 2024 | 19:28 WIB
Gembong narkoba Fredy Pratama (SinPo.id/Istimewa)
Gembong narkoba Fredy Pratama (SinPo.id/Istimewa)

SinPo.id - Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri memastikan buronan gembong narkoba Fredy Pratama masih terdeteksi berada di negara Thailand. 

Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Mukti Juharsa mengatakan, Fredy tidak berpindah tempat lantaran posisinya berada di hutan wilayah Thailand. 

"Enggak (pindah-pindah). Saya yakinkan dia masih Thailand. tapi di dalam hutan," kata Mukti kepada wartawan, Rabu, 13 Maret 2024.

Kendati demikian, Mukti enggan merinci secara detail ihwal posisi hutan tempat persembunyian Fredy.  Dia menyebut, setelah Idulfitri pihaknya kembali akan berkunjung ke Kepolisian Thailand.

Hal itu, kata dia, untuk kembali melanjutkan joint investigation bersama Kepolisian Thailand untuk memaksimalkan pengejaran.

"Kita maksimal ya nanti abis Lebaran, kita coba action ya, mungkin saya akan melakukan hubungan kunjungan ke sana atau balik lagi ke Thailand ya, kita akan adakan joint lagi dengan polisi Thailand, bagaimana hasilnya," ungkap dia. 

Diketahui, Bareskrim Polri telah mengungkap kasus kejahatan lintas negara terkait narkotika dan pencucian uang yang melibatkan jaringan kriminal berkelas kakap, termasuk Fredy Pratama.

Fredy Pratama yang dikenal dengan nama samaran The Secret, Cassanova, Mojopahit, dan Air Bag, mengendalikan operasi narkoba di Indonesia dari Thailand.

Kabareskrim Polri, Komjen Wahyu Widada sebelumnya juga mengungkapkan, sindikat narkoba ini memiliki struktur yang terorganisisasi dengan peran masing-masing, termasuk bidang operasional, keuangan, pembuatan dokumen, dan pengumpulan uang. Mereka menggunakan aplikasi komunikasi khusus dan banyak rekening bank yang berbeda.sinpo

Komentar: