Tol Cipali Sediakan Tiga Titik Contraflow Saat Libur Awal Ramadan

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 10 Maret 2024 | 09:46 WIB
Ilustrasi jalan tol (SinPo.id/jasamarga)
Ilustrasi jalan tol (SinPo.id/jasamarga)

SinPo.id - Sebanyak 272 ribu kendaraan diprediksi bakal melintasi ruas jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) pada periode libur panjang akhir pekan, mulai Jumat, 8 Maret hingga Selas, 12 Maret 2024 mendatang.

Akumulasi volume lalu lintas pada musim libur Hari Raya Nyepi dan awal bulan Ramadhan ini meningkat hingga 26,45 persen dibandingkan lalu lintas harian normal.

Demi mengantisipasi potensi kemacetan parah, Astra Infra Toll Road Cipali selaku pengelola telah menyiapkan sejumlah titik siaga untuk mendukung dilakukannya rekayasa lalu lintas contraflow pada libur panjang yang bertepatan dengan akhir pekan Hari Raya Nyepi dan awal bulan Ramadan kali ini.

"Kami memprediksi puncak arus lalu lintas libur panjang akhir pekan ini akan terjadi pada hari Minggu, 10 Maret, dengan kenaikan hingga 33,72 persen dibandingkan lalu lintas harian normal," kata Kepala Divisi Operasional Astra Infra Toll Road Cipali atau Astra Tol Cipali, Sri Mulyo, di kutip Minggu, 10 Maret 2024.

Titik siaga itu merupakan titik di mana nantinya akan diberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow, di antaranya di titik KM 86, KM 130, serta KM 153+200.

Selain itu, petugas Astra Tol Cipali juga menyiapkan sarana prasarana berupa 3.000 rubber cone untuk mendukung pelaksanaan contraflow.

Meski telah mempersiapkan manajemen trafik berupa contraflow, Sri Mulyo menambahkan pelaksanaannya nanti bersifat situasional, menyesuaikan volume lalu lintas dan koordinasi jajaran kepolisian.

Dia mengimbau agar para pengendara memastikan kondisi kendaraan dan fisik prima sebelum berkendara di dalam tol.

Tak hanya itu, para pengguna tol juga diimbau mematuhi batas kecepatan, minimal 60 km/jam dan maksimal 100 km/jam. Sedangkan bila dalam kondisi hujan batas kecepatan maksimal 70 km/jam.sinpo

Komentar: