Pemprov DKI Imbau Warga Tak Mudik dengan Sepeda Motor

Oleh: Lidya
Sabtu, 09 Maret 2024 | 18:28 WIB
Ilustrasi masyarakat yang sedang mudik. (Foto/freepik)
Ilustrasi masyarakat yang sedang mudik. (Foto/freepik)

SinPo.id - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan mudik dengan sepeda motor, guna menekan potensi kecelakaan.

"Mudik diatur sedemikian rupa menghindari menggunakan kendaraan roda dua," kata Heru kepada wartawan, dikutip Sabtu 9 Maret 2024.

Untuk mengurangi mudik dengan sepeda motor, Heru mengungkapkan bahwa pihaknya menyediakan mudik gratis yang bisa dimanfaatkan warga Jakarta.

"Seperti tahun-tahun lalu nanti Dinas Perhubungan membuka pendaftaran gratis untuk mudik," ujar Heru.

"Pemerintah daerah bersama kementerian Perhubungan bersama stakeholder yang lain akan memfasilitasi semaksimal mungkin," sambungnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta bakal menggelar mudik gratis pada 3-4 April 2024. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo, mengungkapkan terdapat 19 kota/kabupaten sebagai tujuan mudik yang tersebar di enam provinsi.

Saat ini, kata Syafrin, pihaknya tengah melakukan proses penyedia bus maupun truk.

"Saat ini sedang dilakukan proses pemilihan penyedia, direncanakan Mudik Gratis DKI akan dilaksanakan pada tanggal 3 April dan 4 April," kata Syafrin ketika dihubungi, Rabu 6 Maret 2024.

Syafrin menjelaskan, tanggal 3 April diperuntukkan bagi arus mudik dengan keberangkatan menggunakan truk. Kemudian, 4 April keberangkatan dengan bus.

Adapun mudik gratis ini akan dilayani dengan 259 bus dan 13 truk untuk arus mudik. Lalu, 210 unit bus dan 10 truk untuk arus balik.sinpo

Komentar: