Desy Ratnasari Tawarkan Solusi Cara Atasi Bullying di Sekolah: Jangan Tinggalkan Budaya

Laporan: Firdausi
Rabu, 06 Maret 2024 | 14:28 WIB
Anggota Komisi X DPR RI, Desy Ratnasari. (SinPo.id/Parlementaria)
Anggota Komisi X DPR RI, Desy Ratnasari. (SinPo.id/Parlementaria)

SinPo.id - Anggota Komisi X DPR RI, Desy Ratnasari, menawarkan solusi untuk mengatasi peristiwa bullying atau perundungan yang masih terjadi di sekolah. Menurutnya, salah satu caranya adalah mengajarkan peserta didik untuk tidak meninggalkan budaya, bahasa, serta adab.

"Jadi jangan tinggalkan budaya, jangan tinggalkan bahasa, jangan tinggalkan adab. Tentu ini harus ditanamkan terhadap anak didik," ujar Desy dalam Rapat Kerja dengan Mendikbudristek Nadiem Makarim di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Rabu, 6 Maret 2024.

Desy awalnya menyinggung perihal kasus perundungan yang kian semakin marak terjadi di dunia pendidikan.

"Bullying dan kekerasan dalam pendidikan makin marak terjadi," kata Desy.

Artis era 90an ini kemudian memaparkan kiat- kiat menyikapi kasus bullying dan kekerasan di sekolah. 

Salah satu kiat- kiat yang ditawarkanialah membuat kebijakan soal budaya, bahasa, dan adab yang bisa dijadikan kurikulum di setiap sekolah di Indonesia.

"Kalau ini sudah ditinggalkan maka bullying dan kekerasan dalam pendidikan makin marak terjadi," tuturnya.

Oleh karena itu, Desy pun meminta Nadiem menjadikan tiga solusi atau kebijakan, yakni budaya, bahas, dan adab dibuat menjadi program utama di sekolah di Indonesia.

"Jadi Mas Menteri kebijakan ini harus ditanamkan pada sekolah- sekolah mas enteri. Ini kebijalan Mas Menteri. Jadi jangan tinggalkan budahya dan adab karena ini akan jadi cikal bakal terbentuknya akhlak," tuturnya.sinpo

Komentar: