Universitas Dian Nusantara dan CV. Bira Teknik Mandiri Luncurkan Program Pelatihan Revolusioner

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Rabu, 06 Maret 2024 | 15:15 WIB
Pengabdian ke masyarakat Prodi Teknik Mesin Universitas Dian Nusantara (SinPo.id/ Dok. Universitas Dian Nusantara)
Pengabdian ke masyarakat Prodi Teknik Mesin Universitas Dian Nusantara (SinPo.id/ Dok. Universitas Dian Nusantara)

SinPo.id - Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Dian Nusantara menggelar pelatihan pengabdian kepada masyarakat dengan tema "Pelatihan Perapan Prosedur Pengendalian Perubahan Dimensi Akibat Proses Perlakuan Panas pada Proses Produksi Part Blanking Cutting Ring di CV. Bira Teknik Mandiri".

Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 24 Februari 2024, di lokasi CV. Bira Teknik Mandiri.

Dosen Teknik Mesin, Margono Sugeng, Komarudin, Adri Fato, Marysca Shintya Dewi, bersama dengan Erfiana Wahyuningsih dari Prodi Teknik Elektro. Pelatihan tersebut juga dipandu oleh tiga mahasiswa Prodi Teknik Mesin Universitas Dian Nusantara.

Pelatihan ini fokus pada penggunaan Baja Perkakas SKD-11, yang dikenal
dengan kekerasan tinggi dan ketahanannya terhadap aus, dan proses perlakuan panas untuk menghasilkan mikrostruktur yang optimal pada part cutting ring.

Pimpinan CV Bira Teknik Mandiri, Edi menyampaikan apresiasi atas kerjasama dengan Universitas Dian Nusantara dalam pelatihan ini. Menurutnya, keterlibatan dosen dan mahasiswa dalam membagikan pengetahuan mereka tentang pengendalian perubahan dimensi dan proses perlakuan panas sangat berarti bagi pihaknya.

"Hasil pelatihan ini tidak hanya meningkatkan kualitas produksi kami tetapi juga memperkuat komitmen kami terhadap inovasi dan keunggulan dalam setiap produk yang kami hasilkan. Kerja sama ini adalah contoh nyata dari bagaimana sinergi antara dunia akademik dan industri dapat menghasilkan perubahan yang positif," kata Edi dalam keterangannya, Rabu, 6 Maret 2024.

Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan praktis terkait proses perlakuan panas, mulai dari persiapan, penanganan selama proses, hingga penyesuaian dimensi akhir part sesuai dengan desain.

Ini merupakan langkah nyata Universitas Dian Nusantara dalam mengaplikasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan berkontribusi pada peningkatan kualitas produksi industri lokal.sinpo

Komentar: