TKN Sebut Peran Jokowi di Pemerintahan Baru Domain Presiden Terpilih

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 28 Februari 2024 | 12:10 WIB
Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid (SinPo.id/ Antara)
Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid (SinPo.id/ Antara)

SinPo.id - Sekretaris TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Nusron Wahid, menyebut peran Presiden Joko Widodo (Jokowi) di pemerintahan baru merupakan kewenangan Presiden terpilih. TKN tak bisa mencampuri susunan kabinet yang merupakan hak prerogatif Kepala Negara.

"Saya enggak ngerti. Kita di TKN tugasnya hanya proses memenangkan Prabowo-Gibran menjadi presiden dan wakil presiden. Selebihnya domain presiden terpilih dan dibantu wapres terpilih," kata Nusron kepada wartawan, Rabu, 28 Februari 2024.

Nusron kembali menekankan peran Jokowi nantinya menjadi domain Prabowo yang kini unggul versi hitung cepat dan real count sementara KPU Pilpres 2024.

"Soal masalah peranan di pemerintahan itu domainnya Pak Prabowo selaku Presiden nanti. Sebab masalah proses pengangkatan jabatan seseorang dalam pemerintahan itu merupakan hak prerogatif Presiden," katanya.

"Meskipun dalam proses presiden bisa saja minta saran dan pendapat dari berbagai pihak, termasuk dari Pak Jokowi, ketum partai koalisi. Tapi hak prerogatif dan keputusan terakhir tetap di tangan presiden," timpalnya.

Sebelumnya, Airlangga Hartarto memastikan bakal ada peran Presiden Jokowi di pemerintahan yang baru. Namun, dia tidak mengungkap jelas seperti apa bentuk keterlibatan Jokowi dalam pemerintahan periode 2024-2029.

"Tentu akan ada perannya tapi kita tunggu," kata Airlangga beberapa waktu lalu.

Airlangga juga menjawab soal anggapan Jokowi terlalu cawe-cawe terhadap pemerintahan akan datang, yaitu Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang kini unggul versi hitung cepat dan real count sementara KPU. Airlangga meminta semua pihak untuk menunggu keputusan KPU.

"Kita tunggu keputusan KPU," ujar Airlangga.sinpo

Komentar: