KPU: Rekapitulasi Suara Pilpres Tingkat Kecamatan Capai 74,25 Persen

Laporan: Tio Pirnando
Selasa, 27 Februari 2024 | 20:44 WIB
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menjelaskan soal Sirekap. (SinPo.id/ Tio.Pirnando)
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menjelaskan soal Sirekap. (SinPo.id/ Tio.Pirnando)

SinPo.id -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melaporkan sudah melakukan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan mencapai 74,25 persen. Rekapitulasi ini berdasarkan data yang diterima KPU per hari ini, Selasa, pukul 02.00 WIB.

"Di tingkat kecamatan untuk pemilu presiden dan wakil presiden dari 7.277 PPK yang telah selesai melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara di tingkat kecamatan berjumlah 5.403 kecamatan, setara 74,25 persen," kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari dalam konferensi pers di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 27 Februari 2024. 

Adapun Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang masih menggelar rekapitulasi penghitungan suara di kecamatan, sebanyak 853 kecamatan atau setara dengan 11,72 persen.

Sedangkan yang belum melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi masih  1.021 kecamatan atau setara dengan 14,03 persen.

"Mengapa ini belum dilaksanakan? Karena masih ada yang kemarin pemungutan suara ulang, pemungutan suara susulan atau PSS, dan juga pemungutan suara lanjutan," kata Hasyim.

Untuk pemilu di luar negeri, ungkap6 Hasyim, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) telah merampungkan rapat pleno di 127 dari total 128 PPLN.

"Sudah selesai semua, kecuali satu yaitu PPLN Kuala Lumpur. Ini setara dengan 99,21%, yang sedang diproses adalah di Kuala Lumpur," tukasnya.sinpo

Komentar: