Total 13 Pemimpin Negara Sudah Ucapkan Selamat ke Prabowo Subianto

Laporan: Martahan Sohuturon
Rabu, 21 Februari 2024 | 15:21 WIB
Prabowo Subianto silahturahmi ke Makam Habib Ali bin Abdurahman Al-Habsyi Kwitang (Ashar/SinPo.id)
Prabowo Subianto silahturahmi ke Makam Habib Ali bin Abdurahman Al-Habsyi Kwitang (Ashar/SinPo.id)

SinPo.id - Hingga Rabu, 21 Februari 2024, calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto tercatat telah menerima ucapan selamat dari 13 pemimpin negara. Prabowo unggul dalam hasil penghitungan cepat (quick count) dan real count sementara yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Salah satu yang teranyar adalah ucapan selamat dari Perdana Menteri India Narendra Modi. 

"Selamat kepada bangsa Indonesia atas suksesnya pemilihan presiden dan @prabowo yang memimpin," tulis Modi di akun media sosial X, Minggu, 18 Februari 2024.

Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. atau Bongbong Marcos lewat akun X juga mengucapkan selamat kepada Prabowo atas keunggulannya dalam penghitungan suara terakhir. 

"Saya berharap dapat memperdalam hubungan bilateral PH dengan Indonesia, tetangga dekat dan mitra di ASEAN, terutama saat kita merayakan 75 tahun hubungan diplomatik pada tahun ini," kata Marcos. 

Sebelumnya, Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese adalah salah satu yang pertama mengucapkan selamat kepada Indonesia dan Prabowo. Melalui akun X, ia mengucapkan selamat kepada Prabowo karena menjadi calon presiden terpilih Indonesia versi hitung cepat. 

"Saya merasa terhormat menjadi pemimpin asing pertama yang hari ini berbicara dengan Prabowo yang memiliki keunggulan jelas dalam hal resmi dan tidak resmi, mengenai ambisi saya untuk masa depan hubungan Australia-Indonesia," tulis Albanese.

"Saya berharap dapat bekerja sama dengan presiden Indonesia yang baru setelah dilantik pada Oktober 2024."

Setelah Albanese, ucapan selamat datang dari PM Singapura Lee Hsien Loong. Bukan hanya memberikan selamat, Lee dan Prabowo juga membahas hal lain seperti hubungan bilateral kedua negara. Hal tersebut diungkapkan sekretaris pers PM Chang Li Lin, termasuk kemungkinan kerja sama baru antara Indonesia dan Singapura.

"(Prabowo dan Lee) membicarakan soal pentingnya mengidentifikasi bidang kerja sama baru dan saling menguntungkan", kata Li Lin. 

Dalam unggahannya di akun X, Prabowo juga terlihat mendapat ucapan selamat dari PM Malaysia Anwar Ibrahim pada Jumat, 16 Februari 2024. Ia mengatakan telah menerima beberapa sambungan telepon yang mengucapkan selamat, salah satunya dari Ibrahim.

PM Inggris Rishi Sunak juga telah mengucapkan selamat kepada Prabowo sebagaimana yang diunggah di akun X @prabowo. Ucapan tersebut dikirim Sunak melalui sebuah surat resmi dari Downing Street. Selain bertuliskan ucapan selamat, isi surat juga berisi peringatan diplomasi Indonesia-Inggris yang memasuki usia 75 tahun.

Sunak juga mengatakan bakal meningkatkan hubungan bilateral Indonesia-Inggris, salah satu kerja sama yang direncanakan oleh Sunak adalah pembahasan soal krisis iklim melalui upaya peralihan ke energi alternatif.

Pemerintah Presiden Cina Xi Jinping melalui Duta Besar (Dubes) China untuk RI, Lu Kang, juga memberi selamat ke Prabowo. Dalam instagram resmi Prabowo, terlihat Dubes Lu yang berdiskusi dengan Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, kemarin.

"Terima kasih Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok H.E. Lu Kang @chinaembassy_indonesia atas ucapan selamat dan kunjungannya kepada saya di Rumah Kertanegara, Jakarta," tulis Prabowo di akun instagramnya @prabowo.

Presiden Rusia Vladimir Putin juga menjadi salah satu pemimpin negara yang memberikan selamat ke Prabowo. Ini disampaikan melalui keterangan yang dimuat laman web Kremlin. Putin mengaku ingin berdialog dengan Prabowo mengenai isu-isu bilateral dan internasional.

"Yang terhormat Tuan Prabowo Subianto, terimalah ucapan selamat yang tulus atas kemenangan meyakinkan Anda dalam pemilihan presiden," bunyi pesan selamat Putin.

Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe juga telah mengucapkan selamat kepada Prabowo melalui sambungan telepon. Ucapan selamat oleh Ranil Wickremesinghe disinggung Prabowo dalam unggahan Instagram-nya pada Kamis, 15 Februari 2024

Kemudian, PM Belanda Mark Rutte memberi selamat kepada Prabowo Subianto pada Kamis, 15 Februari 2024. Rutte mengaku berharap bisa mengembangkan hubungan persahabatan Belanda-Indonesia.

"Saya baru saja mengucapkan selamat ke Prabowo Subianto menyusul proyeksi pemilu di Indonesia kemarin. Saya ingin terus mengembangkan ikatan kuat dan persahabatan antara kedua negara kita," kata Rutte di akun X.

Sementara PM Republik Ceko Petr Fiala mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto pada Rabu, 14 Februari 2024 malam. Fiala memberi selamat ke Prabowo yang menurutnya telah memenangkan Pilpres 2024.

"Selamat kepada H.E. (Yang Mulia) Prabowo Subianto karena memenangkan Pemilihan Presiden Indonesia 2024. Mengingat kunjungan saya ke negara Anda yang indah kurang dari setahun lalu, izinkan saya mendoakan Anda transisi yang mulus dan juga menyampaikan kesiapan kami memperkuat hubungan bilateral antara dua negara kita," kata Fiala via akun X.

Anggota Majelis Agung Nasional Turki Ayşe Böhürler juga memberikan ucapan selamat kepada Prabowo, pada Kamis, 15 Februari 2024 yang unggul di atas 50 persen dalam perhitungan suara cepat. Ia mengaku optimis dengan pemerintahan baru di bawah Prabowo akan terus melanjutkan penguatan hubungan bilateral dan kerja sama Turki-Indonesia.

"Saya berharap Prabowo sukses selalu dalam memimpin dan mengabdikan dirinya untuk negara sahabat kami, Indonesia," ucapnya di akun X.

Presiden Timor Leste José Ramos Horta pun menyampaikan ucapan selamat kepada Prabowo melalui sambungan telepon. Ia mengaku, dalam percakapannya bersama Prabowo juga membahas hubungan diplomatik antara Timor Leste-Indonesia.

"Saya berbicara melalui telepon kepada presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto karena beliau telah unggul dalam Pilpres 2024, pada putaran pertama," tutur Horta dalam keterangannya.

"Saya juga mengundang presiden terpilih Prabowo untuk berkunjung ke Timor Leste," tambahnya.

Presiden dan Wakil Presiden Nikaragua Daniel Ortega Saavedra dan Rosario Murillo turut mengucapkan selamat atas keunggulan Prabowo. Mereka optimis Prabowo akan menjadi pemimpin baru yang melahirkan banyak kemajuan untuk Indonesia demi kesejahteraan rakyat.

"Dengan penuh kekaguman dan rasa hormat, kami menegaskan kembali keinginan kami untuk terus memperkuat hubungan persaudaraan dan solidaritas yang bersejarah," ucap keduanya dalam keterangan resmi.

Selain para pemimpin negara tersebut, empat tokoh internasional lainnya juga telah mengucapkan selamat kepada Prabowo, seperti eks PM Thailand Thaksin, eks PM Inggris Tony Blair, juga Deputi Perdana Menteri (DPM) Australia Marles serta Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan.

Hasil sementara perolehan suara Prabowo di KPU per Rabu, 21 Februari 2024 hingga pukul 12.05 WIB telah mencapai 73,58 persen. Dari data tersebut, Prabowo-Gibran mendominasi perhitungan suara. Prabowo mendapatkan 59.205.078 suara atau sekitar 58,76 persen.

Sementara dari hasil perhitungan cepat dari beberapa lembaga, seperti Litbang Kompas menyebutkan Prabowo-Gibran unggul 58,47 persen. Poltracking Indonesia turut mencatat perolehan suara Prabowo-Gibran yang memimpin di puncak sebesar 58,51 persen.

Berikut daftar tokoh dunia yang sudah mengucapkan selamat untuk Prabowo per Rabu, 21 Februari 2024:

Via Telepon:

1. PM Australia, Anthony Albanese
2. ⁠DPM Australia, Richard Marles
3. ⁠PM Singapura, Lee Hsien Loong
4. ⁠PM Malaysia, Anwar Ibrahim
5. ⁠Presiden Sri Lanka, Ranil Wickremesinghe
6. ⁠PM Albania, Edi Rama
7. ⁠Presiden Timor Leste, José Ramos-Horta
8. ⁠Sultan Brunei, Hassanal Bolkiah
9. ⁠eks PM Thailand, Thaksin Sinawatra
10. ⁠eks PM Inggris, Tony Blair
11. Menlu Turki, Hakan Fidan
12. Presiden Nicaragua, Daniel Ortega

Via Twitter / Surat:

1. PM India, Narendra Modi
2. ⁠PM Inggris, Rishi Sunak
3. ⁠Presiden Rusia, Vladimir Putin
4. ⁠Presiden China Xi Jinping
5. Presiden Filipina Bongbong Marcossinpo

Komentar: