Migrant Care Temukan Spanduk Caleg NasDem Terpasang di Lokasi Pencoblosan di Malaysia

Laporan: Tio Pirnando
Selasa, 20 Februari 2024 | 23:19 WIB
Spanduk Caleg Nasdem Tengku Adnan  di titik Kotak Suara Keliling 45 Malaysia (SinPo.id/ Dok. Migrant Care)
Spanduk Caleg Nasdem Tengku Adnan di titik Kotak Suara Keliling 45 Malaysia (SinPo.id/ Dok. Migrant Care)

SinPo.id - Lembaga perlindungan pekerja imigran Indonesia (Migrant Care) menemukan spanduk calon anggota legislatif (caleg) Partai NasDem, Tengku Adnan, terpasang membentang di salah satu titik kotak suara keliling (KSK) di Malaysia, pada hari pemungutan suara di Negeri Jiran. Tengku Adnan merupakan Caleg dari Dapil DKI Jakarta II (Jakarta Selatan, Pusat, dan luar negeri).

Atas temuan itu, Migrant Care pun akan melaporkan Adnan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI.

"Tengku Adnan itu spanduknya sangat jelas di mana yang ada di lokasi KSK 45. Benar-benar itu ada di depan pintu masuk spanduknya," ujar staf Migrant Care Muhammad Santosa, dalam jumpa pers di Kantor Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa, 20 Februari 2024.

Migrant Care menduga, saat pemungutan suara, tidak ada pengawas di lokasi KSK, sehingga spanduk Tengku Adnan terkesan dibiarkan begitu saja. Migrant Care berdalih, alat peraga kampanye (APK) Adnan itu bisa dianggap sebagai upaya memengaruhi pemilih.

Apalagi, dalam spanduknya, terdapat ajakan mencoblos secara visual melalui gambar paku yang ditusukkan ke nama Adnan di nomor urut 7.

Di spanduk yang sama, atribusi Adnan terpampang nyata. Ia dituliskan sebagai Deputi Diaspora dan Pekerja Migran Timnas Amin, Ketua Dewan Pengarah TKLN Timnas Amin, Ketua Partai Nasdem Malaysia, dan Ketua BP KNPI Malaysia.

"Kan panwas LN (panitia pengawas luar negeri) ada panwas KSK, itu juga menjadi teguran bagi Bawaslu. Ke mana posisi panwas saat itu terpampang nyata di TPS KSK?," ujar Trisna Dwi Yuni Aresta, staf Migrant Care lainnya.sinpo

Komentar: