Pakar: Rival Prabowo Sebaiknya Segera Sampaikan Pidato Politik Legawa

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 19 Februari 2024 | 21:36 WIB
Capres Prabowo Subianto (SinPo.id/ Tim Media)
Capres Prabowo Subianto (SinPo.id/ Tim Media)

SinPo.id - Pakar politik sekaligus akademikus Universitas Bengkulu Dr Sugeng Suharto mengimbau rival pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka segera menyampaikan pidato politik legawa atas hasil Pemilu 2024.

"Pemilu dan suara pemilu itu kan, dari, untuk, dan oleh rakyat, jadi pilihan rakyat seharusnya legowo diterima. Prabowo sudah menyampaikan pidato politiknya menyampaikan jangan sombong dan tetap menunggu hasil akhir, ini menjadi sikap yang baik. Sebaiknya ini diikuti oleh para rival, pidato legowo, cara-cara seperti itu merupakan sikap negarawan," kata Sugeng Suharto saat dihubungi wartawan, Jakarta, Senin, 19 Februari 2024.

Menurut dia, setiap calon sudah seharusnya memperjuangkan hasil pilpres. Namun, perjuangan itu layak dilakukan ketika selisih suara tidak terlalu jauh.

"Misalnya, jaraknya tidak jauh dari margin of error, atau katakanlah 5-7 persen sedikit di atas margin, bolehlah banding dan sebagainya. Namun, ini jaraknya begitu jauh. Meskipun ini baru hitung cepat, namun hasilnya tentu tidak akan jauh berbeda dari yang muncul saat ini," kata dia.

Dengan menghormati hasil pemilu, menurut dia, tentunya semua pihak juga menghormati keputusan rakyat menitipkan suara mereka pada sosok yang diinginkan untuk menjadi pasangan presiden periode 2024-2029.

"Bagaimanapun, (para capres) bersaing, tapi keputusan suaranya tetap ada di tangan rakyat, katanya, demokrasi, dari, untuk dan oleh rakyat, dan siapa yang terbesar itu menjadi pemenang, harus disadari seperti apapun sosok yang terpilih berarti sosok tersebut yang memang dikehendaki rakyat saat ini," ucapnya.

Berdasarkan hitung cepat sementara atau real count KPU per hari ini, Prabowo-Gibran berada di posisi pertama dengan perolehan suara mencapai 58,6 persen.

Sementara posisi kedua diisi oleh Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan perolehan suara 24,25 persen. Sedangkan, di urutan terbontot ada Ganjar Pranowo-Mahfud Md dengan memperoleh 17,14 persen suara.sinpo

Komentar: