Pasukan Israel Mulai Kurangi Pasukan Cadangannya di Jalur Gaza

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Jumat, 16 Februari 2024 | 23:18 WIB
Tentara Israel (SinPo.id/ AFP)
Tentara Israel (SinPo.id/ AFP)

SinPo.id - Tentara Israel mulai mengurangi pasukan cadangannya di Jalur Gaza, menurut media Israel. Tentara Israel mengatakan, pengurangan pasukan cadangan di Jalur Gaza telah dimulai, setelah Brigade Pasukan Terjun Payung ke-646 baru-baru ini meninggalkan kota Khan Younis.

“Para prajurit cadangan akan dipulangkan ke rumah mereka setelah bertugas di militer sejak 7 Oktober,” kata radio resmi Israel, dikutip dari laman Anadolu, Jumat, 16 Februari 2024.

Brigade 646, unit parasut cadangan yang didirikan pada 1974, telah berpartisipasi dalam sebagian besar perang Israel sejak 7 Oktober di Lebanon dan wilayah Palestina.

“Militer berupaya untuk mempertahankan pasukan reguler di Jalur Gaza,” kata Radio Tentara Israel.

Sebelumnya, tentara Israel mengumumkan bahwa 12 pasukan terluka selama 24, termasuk sembilan tentara dalam pertempuran darat di Gaza.

Tentara juga mengumumkan peningkatan jumlah perwira dan tentara yang tewas sejak awal perang pada 7 Oktober menjadi 570 orang, termasuk 233 orang sejak dimulainya perang darat di Jalur Gaza pada 27 Oktober.

Israel telah menggempur Jalur Gaza sejak serangan 7 Oktober oleh Hamas. Serangan Israel setelahnya telah menewaskan sedikitnya 28.663 orang dan menyebabkan kehancuran massal dan masyarakat di sana kekurangan kebutuhan pokok.

Sekitar 1.200 warga Israel diyakini tewas dalam serangan Hamas.

Menurut data PBB, perang Israel di Gaza telah menyebabkan 85 persen penduduk wilayah tersebut mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih dan obat-obatan. Sementara 60 persen infrastruktur di wilayah tersebut telah rusak atau hancur.sinpo

Komentar: