Bamsoet: Hasil Quick Count Tak Pernah Jauh Berbeda dari KPU

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 15 Februari 2024 | 20:29 WIB
Quick Count Pilpres 2024 (SinPo.id/Youtube)
Quick Count Pilpres 2024 (SinPo.id/Youtube)

SinPo.id - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menilai hasil hitung cepat Pemilu 2024 dari berbagai lembaga survei biasanya tidak akan jauh dengan hasil resmi yang bakal ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Sejak diperkenalkan pada Pemilu 2004, hasil quick count (hitung cepat) tidak pernah jauh berbeda dengan hasil KPU," kata Bamsoet dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis, 15 Februari 2024.

Kendati begitu, dia mengajak seluruh pihak maupun para kandidat peserta Pemilu 2024 untuk menahan diri dalam menanggapi hasil sementara penghitungan suara secara hitung cepat. Ini penting agar tidak larut dalam euforia.

"Tetap harus menahan diri agar tidak larut dalam euforia, maupun melakukan tindakan yang bisa mengganggu jalannya berbagai proses tahapan Pemilu," katanya.

Waketum Partai Golkar itu mengajak seluruh pihak untuk tetap menunggu hasil resmi yang akan disampaikan KPU. Dia mengatakan seluruh proses rekapitulasi suara oleh KPU ditargetkan selesai paling lambat pada 20 Maret 2024.

Hasil hitung cepat sementara Pilres 2024 menunjukkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menang telak dari pasangan lain, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Rata-rata hasil perhitungan dari sejumlah lembaga survei, Prabowo-Gibran memperoleh 56-58 persen suara.

Di urutan ke dua ada pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan perolehan suara 29.25 persen. Di posisi terakhir ada pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan perolehan suara 17,44 persen.sinpo

Komentar: