Polri Jaga Kantor KPU RI Dengan Humanis di Hari Pencoblosan

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 14 Februari 2024 | 19:46 WIB
Polisi jaga kantor KPU di hari pemilihan umum (SinPo.id)
Polisi jaga kantor KPU di hari pemilihan umum (SinPo.id)

SinPo.id - Polri melakukan pengamanan secara humanis di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta, pada hari pencoblosan atau pemungutan suara Pemilu 2024, Rabu, 14 Febuari 2024.

Wakil Kepala Satgas Operasi Mantap Brata 2023-2024, Brigjen Rudi Antariksawan menyebut pihaknya melakukan kegiatan pencegahan dengan patroli secara kinetik hingga penjagaan. Halo itu, agar tak mengganggu aktivitas masyarakat di sekitar Kantor KPU RI.

"Tidak ada penutupan jalan, semua sesuai dengan situasi yang ada. Kami sesuaikan, kan ini kondisinya dinamis dengan eskalasi-eskalasi," kata Rudi dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu, 14 Febuari 2024.

Menurut dia, Polri sudah mempersiapkan prosedur penanganan apabila terjadi peningkatan eskalasi atau dinamika. Rudi mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan TNI hingga Pengamanan Dalam (Pamdal) KPU RI untuk mengamankan Kantor KPU RI, Jakarta.

"Kami, yang jelas, sudah anggota polisi dengan Pamdal, kemudian TNI, semua sudah siaga untuk mengamankan jalannya pemilu ini," tuturnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan proses pencoblosan atau pemungutan suara Pemilu 2024 di seluruh wilayah Indonesia berjalan aman dan terkendali.

"Sampai saat ini semua aman terkendali dan tentunya kami akan terus mengikuti sampai dengan rangkaian pencoblosan selesai, penghitungan dan setelahnya," kata Sigit di Monas, Jakarta, Rabu, 14 Febuari 2024.

Menurut Sigit, Polri bersiaga untuk mengantisipasi dinamika yang terjadi usai pemungutan suara dan penghitungan terkait keamanan dan ketertiban masyarakat. Pengamanan hari pencoblosan ini, kata dia, Polri juga dibantu oleh personel TNI.

"Kami dibackup Pak Panglima, pasukan kami ditotal sekitar 260 ribu personel TNI Polri," ungkap dia.sinpo

Komentar: