Poltracking: Elektabilitas Prabowo-Gibran di Jatim Tembus 60,1 Persen

Laporan: Bayu Primanda
Selasa, 06 Februari 2024 | 21:20 WIB
Prabowo tampil di acara debat capres (Sinpo.id/Ashar)
Prabowo tampil di acara debat capres (Sinpo.id/Ashar)

SinPo.id -  Elektabilitas Paslon capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Jawa Timur sebesar 60,1 persen dengan tren yang terus naik.

Hal itu terungkap dari hasil survei terbaru Poltracking Indonesia bertajuk 'Peta Suara Pilpres di Provinsi Penentu: Siapa Pemenang di Jawa Timur?' yang diliris pada Selasa, 6 Februari 2024.

Berdasarkan survei yang digelar selama 25-31 Januari tersebut, Prabowo-Gibran mengungguli dua paslon lainnya yaitu Ganjar-Mahfud serta Anies-Muhaimin yang masing-masing memperoleh 17,2 persen dan 14,9 persen suara

"Tren pergerakan elektoral Prabowo Subianto di Jawa Timur konsisten mengalami tren kenaikan sejak Juni 2023. Kenaikan signifikan terjadi dari rentang September 2023 ke Januari 2024 (19,5 persen), dimana dalam rentang tersebut Prabowo Subianto dipastikan berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka," tulis Poltracking Indonesia dalam papara  hasil surveinya.

Survei itu juga mengungkap tren elektabilitas paslon Anies-Muhaimin cenderung stabil sementara paslon 3 Ganjar-Mahfud mengalami penurunan.

Kekuatan elektabilitas paslon Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu tersebar pada pemilih di wilayah Arek, Mataraman, Tapal Kuda dan Pantura. Sementara, pemilih Madura kompetitif antara Anies-Muhaimin dan Prabowo-Gibran.

Poltracking Indonesia menggelar surveinya di 11 Daerah Pemilihan (Dapil) DPR RI Jawa Timur terhadap 8000 responden. Metode survei berupa stratified multistage random sampling dengan margin of error +/- 1,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Pengambilan sampel pada setiap dapil memperhatikan keterwakilan seluruh kecamatan yang ada di dapil tersebut dengan tetap mempertimbangkan proporsi DPT di setiap kabupaten/kota.
sinpo

Komentar: