Prabowo Soroti Masalah Kesehatan : Indonesia Masih Kekurangan 140 Ribu Dokter

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 04 Februari 2024 | 20:23 WIB
Prabowo Subianto (SinPo.id/tkn)
Prabowo Subianto (SinPo.id/tkn)

SinPo.id - Calon presiden (Capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto menyoroti masalah kesehatan yang ada di Indonesia pada debat kelima Pilpres 2024.

Prabowo mengungkap, Indonesia masih kekurangan sebanyak 140 ribu dokter untuk menangani masalah kesehatan di tanah air.

"Masalah kesehatan di Indonesia adalah kurangnya dokter, kita kurang 140 ribu dokter itu utamanya," kata Prabowo di debat pilpres, Minggu, 4 Februari 2024.

"Bayangkan kalau ada yang kena struk atau serangan jantung. Dua sebab yang paling besar kematian di beberapa kabupaten tidak ada spesialis jantung atau spesialis struk," tambahnya.

Prabowo juga menyoroti kurangnya sarana kesehatan yang memadai di rumah sakit yang ada di Indonesia. Hal ini yang membuat kesehatan di tanah air masih perlu diperbaiki.

"Tidak ada perlengkapan-perlengkapan yang memadai, (seperti) CT scan, PAT scan, jarang ada di kabupaten, ini harus kita atasi," ujarnya.

Mantan Danjen Kopasus itu akan membereskan dua permasalahan mendasar di kesehatan tersebut apabila terpilih sebagai presiden.

"Dan ini bisa kita atasi, jadi solutifnya demikian. Jadi saya lebih ke arah solutif langsung dan cepat," paparnya.

Lebih lanjut, Prabowo juga menyebut, hal yang lebih mendasar dan penting dalam kesehatan adalah pemberian makanan yang bergizi untuk anak-anak dan ibu yang melahirkan.

"Makan bergizi ini meningkatkan daya tahan imunitas mencegah penyakit ini adalah strategis sekali makan bergizi untuk anak-anak Indonesia," tandasnya.sinpo

Komentar: