Jaga Kondusifitas Debat, Polisi Siapkan Tempat Khusus Massa Pendukung Capres-Cawapres

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 04 Februari 2024 | 17:29 WIB
Massa pendukung capres-cawapres di debat pilpres 2024 (Sinpo.id/anam)
Massa pendukung capres-cawapres di debat pilpres 2024 (Sinpo.id/anam)

SinPo.id - Polisi tempatkan massa pendukung masing-masing pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang datang ke lokasi debat kelima Pilpres 2024 di halaman gedung Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat.

Berbeda seperti debat sebelumnya, massa pendukung non undangan capres-cawapres ditempatkan di lobby JCC, Senayan. Hal ini menyebabkan penuhnya lobby karena jumlah massa yang banyak.

"Kita siapkan di depan JCC, tapi tidak di area lobi. Kami khawatir tempatnya banyak (penuh), sementara tempat yang tersedia sedikit," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro kepada awak media di JCC Jakarta, Minggu, 4 Februari 2024.

Susatyo mengatakan, pihak keamanan harus mengurangi massa non undangan yang hadir langsung di acara debat capres. Hal ini untuk menjaga ketertiban dan kondusifitas di lokasi debat.

Pemberlakukan ini, lanjut Susatyo, juga hasil dari evaluasi pada penyelenggaraan dua debat sebelumnya yang juga berlangsung di JCC Senayan.

"Tentunya pola yang kami gunakan saat ini, berdasarkan juga hasil pantauan ya, teman-teman di lapangan dan informasi pamdal KPU. Kami tidak ingin ambil risiko, jadi kami siapkan tempatnya tidak di lobi JCC," ujarnya.

Namun begitu, Susatyo menyebut pemberlakuan tersebut berlaku situasional dan akan mempertimbangkan jumlah massa pendukung non undangan yang hadir diblokasi.

"Namun, kita juga situasional, kita akan menyampaikan ke korlap maisng-masing untuk koordinasi berapa yang bisa ditempatkan di dalam agar tetap berimbang dan adil," tandasnya.

Berdasarkan pantauan di lokasi, massa masing-masing pendukung capres-cawapres sudah berdatangan di lokasi debat kelima Pilpres 2024.

Mereka ditempatkan di halaman depan JCC Senayan. Pihak keamanan melakukan penjagaan untuk memisahkan massa agar tidak terjadi gesekan.sinpo

Komentar: