Piala Asia 2023: Menang Lewat Adu Penalti, Qatar Amankan Tiket Semifinal

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 04 Februari 2024 | 05:01 WIB
Timnas Qatar (SinPo.id/My Kehl)
Timnas Qatar (SinPo.id/My Kehl)

SinPo.id - Timnas Qatar memastikan diri lolos ke semifinal Piala Asia 2023 usai mengalahkan Uzbekistan lewat drama adu penalti di babak perempat final Piala Asia 2023.

Tampil di Al Bayt Stadium, Sabtu, 3 Februari 2024 malam WIB, kedua tim bermain kuat 1-1 di waktu normal. Pertandingan berlanjut hingga adu penalti untuk menentukan pemenang.

Qatar unggul lebih dulu di menit ke-27 melalui gol bunuh diri kiper Uzbekistan Utkir Yusupov. Berawal dari serangan sisi kanan, Hassan Al-Haydos berusaha mengirim umpan ke kotak penalti.

Bola kemudian sempat membentur bek Uzbekista dan mengarah ke kiper Utkir Yusupov yang gagal menangkap bola hingga masuk ke gawangnya sendi. Skor 1-0 untuk Qatar bertahan sampai turun minum.

Memasuki babak kedua, Uzbekistan yang tertinggal bermain lebih menyerang. Gol penyeimbang kedudukan baru tercipta di menit ke-59. Hambrobekov melepaskan tendangan dari sudut sempit yang gagal dijangkau kiper Meshaal Barsham.

Gol berkelas Hamrobekov membawa skor menjadi imbang 1-1. Hingga menit ke-80 belum ada gol tercipta dari kedua tim. Alhasil, duel berlanjut ke babak tambahan 2x15 menit.

Pertandingan berjalan sengit di babak tambahan. Meski ada beberapa peluang bagus, kedua tim gagal mencetak gol sampai laga berlanjut ke babak adu penalti.

Tim tuan rumah akhirnya memastikan kemenangan atas Uzbekistan di babak adu penalti. Qatar menang dengan skor 3-2.sinpo

Komentar: