Piala Asia 2023: Korea Selatan Ke Semi Final Usai Kalahkan Australia

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 03 Februari 2024 | 07:15 WIB
Timnas Korsel (SinPo.id/Korea Daily)
Timnas Korsel (SinPo.id/Korea Daily)

SinPo.id - Korea Selatan berhasil mengamankan tiket ke semifinal Piala Asia 2023 setelah mengandaskan perlawanan Australia 2-1 secara dramatis melalui perpanjangan waktu.

Laga perempat final antara Korea Selatan (Korsel) kontra Au​​stralia ini digelar di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Qatar, Jumat waktu setempat atau Sabtu, 3 Februari 2024 dini hari WIB.

Korsel mendominasi jalannya pertandingan sejak babak pertama dimulai. Tim asuhan Jurgen Klinsmann membuat tim negeri Kanguru kesulitan untuk keluar melakukan serangan.

Tekanan yang dilancarkan Korsel berbuah hasil pada menit ke-32 melalui sontekan Hwang Hee-chan yang mendapat umpan dari Seol Young-woo. Namun wasit menganulir gol tersebut karena Seol dalam posisi offside sebelum mengumpan bola.

Korsel justru kebobolan di menit ke-42. Kesalahan umpan Hwang In-beom berujung serangan balik dari Australia. Crossing Nathaniel Atkinson disambut Goodwin dengan tendangan voli ke sudut kiri gawang. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua pertandingan berlangsung lebih berimbang. Korsel mendapat peluang bagus lewat Lee Kang-in pada menit ke-48, namun tembakannya berhasil digagalkan kiper Australia, Mathew Ryan. 

Pada menit ke-54 Australia juga memdapat dua peluang emas melalui Martin Boyle. Tetapi dua peluang itu dapat dimentahkan oleh kiper Jo Hyeon-woo. 

Petaka terjadi bagai Australia di menit ke-90+4. Pelanggaran Lewis Miller kepada Son Heung-min membuat wasit menunjuk titik penalti. 

Hee-chan yang maju sebagai eksekutor sukses menjalankan tugas untuk samakan kedudukan menjadi 1:1 sehingga laga harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Korsel akhirnya berhasil membalikan keadaan di menit ke-104. Tendangan bebas Son di dekat kotak penalti gagal diantisipasi Mathew Ryan sehingga bola bersarang mulus ke gawang.

Australia yang coba mencetak gol penyama kedudukan justru harus mendapatkan kartu merah setelah Aiden O'Neill melanggar keras Hee-chan saat perebutan bola.

Korsel yang unggul jumlah pemain banyak mendapatkan sejumlah peluang. Namun gol tambahan urung tercipta hingga berakhirnya babak kedua perpanjangan waktu.sinpo

Komentar: