KPU : Debat Capres-Cawapres 2024 jadi Instrumen Penting Masyarakat Tentukan Pilihan

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 02 Februari 2024 | 23:47 WIB
Ilustrasi Pemilu 2024 (SinPo.id/RRI)
Ilustrasi Pemilu 2024 (SinPo.id/RRI)

SinPo.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menegaskan pelaksanaan debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) mendapat antusiasme positif dari masyarakat. 

Dalam empat kali pelaksanaan yang disiarkan stasiun televisi, debat capres-cawapres mampu memberikan gambaran umum mengenai visi-misi dan program kerja masing-masing kandidat. 

"Momentum debat mulai dari yang pertama samapai dengan yang keempat itu buat publik menjadi perhatian yang luas," kata anggota KPU RI August Mellaz di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat, 2 Februari 2024. 

Mellaz mengatakan, peran aktif masyarakat dalam menyabut hajatan besar demokrasi Indonesia pada Pemilu 2024 sudah melebihi harapan. 

Artinya, lanjut Mellaz, pelaksanaan debat sukses memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam menentukan pilihannya pada 14 Februari mendatang. 

"Tujuannya kampanye melalui metode debat ini menjadi instrumen yang penting bagi pemilih untuk memastikan bahwa memang inilah kualifikasi dari setiap pasangan baik presiden maupun wakil presiden yang diberikan ruang dalam pelaksanaan debat," ujarnya. 

Lebih lanjut, Mellaz meminta antusiasme masyarakat dalam menyongsong pemilu 2024 harus diberikan apresiasi tinggi. Sebab, dengan partisipasi aktif itu setidaknya membuat demokrasi Indonesia menjadi lebih baik. 

"Jadi harapannya tentu saja kalau kita lihat antusiasme penonton dan kemudian jangkauan berdasarkan data yang kami miliki ini sesuatu yang luar biasa," ucapnya. 

Mellaz berpesan meski terdapat perbedaan dalam memilih capres dan cawapres, KPU berharap semua pihak turut saling menghormati dan menjaga kelangsungan pemilu agar tetap berjalan damai. 

"Kita wajib menghormatinya, tetapi antusiasme itu tidak bisa diabaikan. Pelaksanaan debat pemilu presiden dan wakil presiden 2024 melalui metode debat menjadi hal yang sangat menarik," tandasnya.sinpo

Komentar: