KPU Tambah Durasi Closing Statement Debat Kelima Pilpres 2024

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 02 Februari 2024 | 23:12 WIB
Capres Pilpres 2024 (Sinpo.id/ashar)
Capres Pilpres 2024 (Sinpo.id/ashar)

SinPo.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menambah durasi pernyataan penutup atau closing statement di segmen keenam pada debat Pilpres 2024 yang berlangsung Minggu, 4 Februari 2024.

Komisioner KPU August Mellaz mengatakan penambahan durasi itu merupakan usulan dari masing-masing tim paslon peserta pilpres pada saat rapat koordinasi persiapan debat kelima.

"Segmen penutup ini akan ada ditambahkan alokasi waktu untuk masing-masing paslon yang biasanya di segmen keenam itu dua menit menjadi empat menit, tanpa mengubah durasi waktu total pelaksanaan debat 120 menit," kata Mellaz di kantor KPU Jakarta, Jumat, 2 Februari 2024.

Mellaz menjelaskan, penambahan durasi pada penyampaian penutup akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pasangan capres dan cawapres.

Meningat, lanjut Mellaz, segmen ini jadi sesi bagi para capres menegaskan kembali visi misi mereka di debat terakhir jelang pencoblosan 14 Februari mendatang.

"Ini akan menjadikan tujuan kampanye melalui metode debat ini menjadi instrumen yang penting bagi pemilih untuk memastikan kualifikasi dari setiap pasangan calon," ujarnya.

Lebih lanjut, Mellaz menyatakan penambahan waktu dalam sesi debat bukan suatu hal yang baru. Hal itu sudah pernah diterapkan dalam debat Pilpres 2019.

"Sebenarnya kalo penambahan waktu ini bukan satu hal yang baru. Di pelaksanaan debat pemilu periode 2019 lalu juga sebenarnya ada juga dari pengalaman-pengalaman yang ada," tandasnya.

Seperti diketahui, pada 4 Februari 2024, KPU menggelar debat terakhir pilpres untuk para capres. Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo akan berdebat seputar tema kesejahteraan sosial, pembangunan sumber daya manusia (SDM), dan inklusi.

 sinpo

Komentar: