Pasar Saham Hijau Usai Prabowo Pidato di Depan Investor Acara Trimegah

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 01 Februari 2024 | 23:39 WIB
Bursa Saham (Pixabay)
Bursa Saham (Pixabay)

SinPo.id -  Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menghijau pascacapres nomor urut 2, Prabowo Subianto menghadiri acara Trimegah mengenai 'Political and Economic Outlook 2024' Rabu 31 Januari 2024.
Prabowo pada acara itu menyampaikan paparannya secara rinci di depan para investor mengenai program ekonomi yang direncanakan jika mendapat mandat dari masyarakat. Setelahnya, saham langsung naik 0,27%.

"Alhamdulillah, pascapidato pak Prabowo pasar modal naik ke 0,27%. Hari ini pasar positif. Mudah-mudahan ini bisa menjadi landasan untuk menuju Indonesia Maju," ungkap Chief Economist and Head Of Fixed Income Research PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk, Fakhrul Fulvian di Jakarta, Rabu saat acara berlangsung.

Pada hari itu, IHSG ditutup menguat di zona hijau dengan kenaikan 15,72 poin atau setara dengan penguatan 0,22% ke level 7.207,94 pada perdagangan dengan rentang pergerakan yang terjadi di antara 7.192–7.2247.

Pun hari ini, Kamis pagi, IHSG kembali menguat pada pembukaan perdagangan. Tercatat pada pukul 09.00 WIB, IHSG dibuka di posisi 7.211 dan melesat ke posisi tertinggi 7.223 sesaat setelah pembukaan.

Pada Kamis sore, IHSG ditutup di level 7.201. Indeks saham berada pada 6,24 poin atau minus 0,09% dari perdagangan sebelumnya. Tercatat 219 saham menguat, 297 terkoreksi, dan 236 lainnya stagnan.

Dalam pemaparannya di acara Trimegah Rabu lalu, Prabowo mengatakan program makan siang dan susu gratis bagi anak-anak sekolah bakal menyerap panen petani lokal.

Program tersebut, kata Prabowo, akan menjadi stimulus bagi bergeraknya roda perekonomian lokal, khususnya meningkatkan permintaan bahan pangan di pasar domestik, seperti pasokan beras, sayur, buah-buahan hingga susu.

Dengan adanya program makan siang dan susu gratis yang akan dilaksanakan di setiap provinsi di Indonesia, Prabowo yakin penguatan pasar domestik bakal terjamin di seluruh wilayah, baik di desa, kecamatan hingga kabupaten.

"The market will be guaranteed, there will be a captivated market in every desa, in every kecamatan, kabupaten, and province," kata Prabowo.

Oleh karena itu, Prabowo bertekad bakal memaksimalkan swasembada pangan dan energi untuk menciptakan stabilitas ekonomi nasional.

"Sumbangan terbesar pemimpin politik adalah bisa menciptakan ketenangan, karena dengan itu tercipta iklim yang positif. Minimum target pertumbuhan ekonomi 8%" tegasnya.

Beberapa hari terakhir, sejumlah lembaga survei merilis bahwa elektabilitas paslon Prabowo-Gibran sudah tembus hingga di atas 50%. Misal, pada survei SPIN, elektabilitas Prabowo-Gibran menembus angka 50,9%, hampir dua kali lipat dari kedua lawannya. Elektabilitas pasangan nomor urut 2, Prabowo-Gibran juga menembus 51,1% di survei indEX.

Adapun, survei LSI Denny JA yang menunjukkan elektabilitas paslon nomor urut 2 itu mencapai 50,7%. 

"Jadi elektabilitas sudah melewati magic number untuk satu putaran yaitu di angka 50,7 persen," ujar Peneliti LSI Denny JA Adjie Faraby dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (30/1).sinpo

Komentar: