Ditemani Prabowo, Jokowi Hadiri Penyerahan Pesawat Hercules untuk TNI

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 24 Januari 2024 | 16:33 WIB
Presiden Jokowi menyaksikan serah terima pesawat hercules ke TNI. (SinPo.id /Setkab)
Presiden Jokowi menyaksikan serah terima pesawat hercules ke TNI. (SinPo.id /Setkab)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan langsung penyerahan pesawat C-130J-30 Super Hercules A-1344 dari Kementerian Pertahanan (Kemhan) kepada TNI Angkatan Udara (AU) di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Dalam keterangannya, Jokowi mengatakan bahwa pesawat Super Hercules tersebut memiliki peranan yang sangat penting dalam berbagai operasi yang dilakukan oleh TNI.

"Ya tadi saya menyaksikan dan baru saja dilakukan penyerahan pesawat Super Hercules C130J. Ini adalah pesawat angkut yang telah kita pesan beberapa tahun yang lalu dan penting sekali baik untuk keperluan perang maupun nonperang," kata Jokowi dalam keterangannya, Rabu, 24 Januari 2024.

Jokowi menjelaskan bahwa pesawat tersebut mampu mengangkut sebanyak 120 prajurit dan muatan seberat 20-an ton. Pesawat ini juga mampu lepas landas dan mendarat pada landas pacu (runway) yang pendek, serta mampu terbang hingga 11 jam nonstop.

Dengan kapasitas dan kemampuan terbangnya, kata Jokowi, pesawat Super Hercules dinilai sangat cocok untuk negara kepulauan seperti Indonesia.

"Saya kira sangat bagus untuk negara sebesar Indonesia, negara kepulauan yang kadang-kadang airport-nya hanya memiliki runway yang pendek, nah ini bisa didarati oleh Super Hercules ini," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto juga menyerahkan hasil refurbishment helikopter Fennec dan suku cadangnya kepada TNI AD yang diterima oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak. 

Selain itu, Menhan juga menyerahkan hasil refurbishment dan suku cadang kritis helikopter Panther AS 565 MBE kepada TNI AL yang diterima oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali.

Jokowi pun menilai kehadiran helikopter-helikopter tersebut memiliki peranan sangat penting dan bisa mendukung kapal perang atau fregat TNI.

"Ya bagus, saya kira semuanya harus disiapkan karena untuk mendukung fregat kita, bisa turun di fregat kita, saya kira heli-heli seperti Fennec itu sangat penting," tandasnya.sinpo

Komentar: