Jokowi Serahkan Bantuan ke Petani Gagal Panen di Grobogan, Rp8 Juta per Hektare

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 23 Januari 2024 | 14:55 WIB
Presiden Jokowi (SinPo.id/tangkapan layar Youtube Setpres)
Presiden Jokowi (SinPo.id/tangkapan layar Youtube Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan bantuan kepada petani yang gagal panen di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Jokowi berharap bantuan dapat membantu petani agar kembali menanam.

"Ini tadi ada yang dapat satu kelompok, ada yang Rp200 juta, ada yang Rp180 juta, ada yang Rp122 juta. Semoga nanti segera diterima uang cash-nya langsung dipakai tanam, tanam, tanam," kata Jokowi dalam sambutannya, dikutip Youtube Sekretariat Presiden, Selasa, 23 Januari 2024.

Bantuan itu disalurkan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kepada kelompok petani yang terdampak bencana kebanjiran maupun kekeringan.

"Wong kalau gempa rumahnya roboh atau retak aja dibantu sama BNPB. Ini sawah kena banjir sama kan penderitaannya kok ndak dibantu. Bantu," lanjut Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap bantuan yang diberikan kepada petani dapat menutup kerugian dan membantu petani kembali melakukan produksi. Bantuan diberikan kepada petani di beberapa daerah seperti Kudus, Jepara, Demak, dan Pati.

"Bantuan yang diberikan juga sudah dihitung Rp 8 juta per hektare. Jadi Jenderal Suharyanto (Kepala BNPB) nggak mungkin keliru hitungannya itu biaya produksi nggih. Nanti moga-moga bapak ibu dalam tiga empat bulan akan datang segera panen. Kemudian produktivitas bisa kita naikan," paparnya.

Lebih lanjut, Jokowi juga berharap uang bantuan kepada petani dapat segera diterima, sehingga para petani segera langsung menanam.

"Dan hari ini Bapak Ibu sekalian moga-moga dalam waktu yang sangat dekat uangnya bisa segera diterima petani dan langsung bisa dipakai untuk tandur tanam, tandur tanam, tandur tanam, dan segera panen," tandasnya.sinpo

Komentar: