Ridwan Kamil Unggul Dalam Survei Cagub DKI

Laporan: Bayu Primanda
Sabtu, 20 Januari 2024 | 21:24 WIB
Ridwan Kamil (Sinpo.id/Ashar)
Ridwan Kamil (Sinpo.id/Ashar)

SinPo.id -  Meski sudah tidak menjabat sebagai gubernur Jawa Barat, popularitas Ridwan Kamil (RK) tetap tinggi. Wakil ketua umum Partai Golkar itu masih muncul dalam hasil survei berbagai lembaga survei.

Berdasar hasil survei Lembaga Survei Jakarta (LSJ) pada 8 - 15 Januari 2024, elektabilitas RK sebagai calon gubernur (cagub) DKI Jakarta paling tinggi. Dia mengungguli nama-nama lain termasuk Anies Rasyid Baswedan, Basuki Tjahaja Purnama, dan Sandiaga Salahuddin Uno.

Melalui keterangan tertulis, Direktur Riset LSJ Fetra Ardianto menyampaikan, hasil survei tersebut menunjukkan bahwa RK merupakan kandidat terkuat gubernur DKI.

RK dinilai punya potensi besar untuk ikut bertarung dalam pilkada serentak tahun ini. Dari survei yang mereka lakukan terhadap 880 warga DKI yang sudah memiliki hak suara, elektabilitas RK berada di posisi teratas.

Mantan wali kota Bandung itu mengalahkan nama-nama besar lain seperti Tri Rismaharini.

”Ketika LSJ mengajukan pertanyaan kepada responden, siapa yang akan dipilih jika pilgub DKI dilaksanakan saat ini, ternyata justru nama Ridwan Kamil yang memimpin dengan 23,4 persen,” terang Fetra dalam keterangannya, Sabtu, 20 Januari 2024.

Di bawah RK, ada Tri Rismaharini dengan elektabilitas 19,2 persen; Anies Rasyid Baswedan dengan elektabilitas 18,4 persen; Basuki Tjahaja Purnama dengan elektabilitas 8,7 persen; Heru Budi Hartono dengan elektabilitas 5,5 persen; Kaesang Pangarep dengan elektabilitas 3,9 persen; Sandiaga Salahuddin Uno dengan elektabilitas 3,5 persen; dan Ahmad Sahroni dengan elektabilitas 3,2 persen.

Tidak hanya merajai hasil survei elektabilitas sebagai calon gubernur DKI, RK juga menjadi figur yang paling diterima oleh pemilih di Jakarta. Hasil survei tingkat akseptabilitas RK sebagai calon gubernur DKI mencapai angka 80,7 persen.

Dalam survei LSJ, tidak ada nama lain yang tingkat akseptabilitasnya melebihi angka tersebut. Bahkan tingkat akseptabilitas terhadap Anies Baswedan sebagai mantan gubernur DKI tidak setinggi itu.

”Akseptabilitas Anies Baswedan mulai kurang diterima oleh masyarakat DKI dan hanya berada di posisi ketiga dibawah RK dan Kaesang Pangarep. Bahkan hanya unggul tipis atas Tri Rismaharini dan Sandiaga Uno,” ungkap Fetra.

Dalam keterangan yang sama, Fetra menyampaikan bahwa popularitas RK di Jakarta masuk jajaran atas. Berdasar hasil survei LSJ, tingkat popularitas RK menyentuh angka 95,3 persen.

Angka itu lebih tinggi dari tingkat popularitas Sandiaga Salahuddin Uno (92,5 persen), Basuki Tjahaja Purnama (90,8 persen), Tri Rismaharini (90,4 persen), Heru Budi Hartono (87,6 persen), dan Kaesang Pangarep (80,6 persen).

Bahkan popularitas RK di Jakarta tercatat lebih tinggi ketimbang  mantan Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria serta mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Purnawirawan Dudung Abdurachman yang pernah bertugas sebagai panglima Kodam Jaya/Jayakarta.

LSJ menyebut, survei yang mereka lakukan memiliki tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen dengan margin of error lebih kurang 3,3 persen. sinpo

Komentar: