Presiden Erdogan Tekankan Peran Indonesia dan Turki dalam Isu Palestina

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 18 Januari 2024 | 18:41 WIB
Presiden Erdogan (kanan) menkankan peran Indonesia dan Turki dalam isu Palestina. (SinPo.id/Dok. Kemlu)
Presiden Erdogan (kanan) menkankan peran Indonesia dan Turki dalam isu Palestina. (SinPo.id/Dok. Kemlu)

SinPo.id - Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) untuk Republik Turki, Achmad Rizal Purnama, mengatakan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, selama ini memberikan perhatian khusus kepada Indonesia, yang terus mengawal isu Palestina di berbagai forum internasional.

Erdogan bahkan juga menekankan peran Indonesia dan Turki dalam Isu Palestina. Hal itu ia sampaikan dalam pembicaraan bilateral saat Dubes RI menyerahkan surat kepercayaan dari Presiden RI, di Istana Kepresidenan Turki.

"Presiden Erdogan terkesan saat saya menunjukkan video kedekatan Presiden Erdogan dan Presiden Jokowi yang bergandengan tangan di sela-sela KTT OKI di Riyadh beberapa waktu lalu," kata Rizal, dikutip Kamis 18 Januari 2024.

Dalam pertemuan tersebut, Erdogan juga mendoakan Pemilu RI yang akan digelar pada bulan Februari mendatang dapat berjalan dengan lancar dan sukses, serta membawa kebaikan dan kemajuan bagi rakyat Indonesia. 

Di samping itu, Erdogan dan Rizal juga sepakat untuk mencapai target perdagangan bilateral sebesar USD 10 miliar, menyelesaikan negosiasi perjanjian perdagangan bebas kedua negara, memperluas kerja sama industri pertahanan, memperkuat kerja sama keamanan dan penanggulangan terorisme, serta mengembangan kerja sama energi.

Pada kesempatan yang sama, dua dubes lainnya dari Venezuela dan Kanada juga menyerahkan surat kepercayaan kepada Erdogan, yang artinya mereka telah memenuhi seluruh tahapan tata krama diplomatik dalam menjalankan tugasnya.sinpo

Komentar: