KPU Tetapkan Debat Keempat Pilpres Kembali Digelar di JCC Senayan

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 16 Januari 2024 | 12:06 WIB
Ilustrasi. Debat Pilpres 2024. (SinPo.id/Ashar)
Ilustrasi. Debat Pilpres 2024. (SinPo.id/Ashar)

SinPo.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan lokasi debat keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat pada Minggu, 21 Januari 2024.

Komisioner KPU Agust Mellaz mengatakan, keputusan ini diambil setelah pihaknya melakukan rapat koordinasi dengan masing-masing tim pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil peesiden (cawapres).

"Debat keempat yang dilaksanakan pada 21 Januari akan dilaksanakan di JCC,"kata Mellaz dalam keterangannya, dikutip Selasa, 16 Januari 2024.

Mellaz menjelaskan, JCC kembali dipilih karena alasan ketersediaan lokasi. Selain itu, JCC juga sebelumnya telah digunakan saat debat kedua cawapres pada Desember 2023 lalu.

"Jadi kalau lihat pengalamannya di JCC, selain karena avalailability tersedia. Kemudian secara teknis juga bisa sangat membantu tim penyelenggara debat, dan juga tim paslon sangat familiar dengan tempat itu," ujarnya.

Sementara itu, terkait persiapan teknis debat masih dalam penyelesaian. KPU telah merencanakan pertemuan akhir dengan tim pasangan calon dan media penyelenggara untuk finalisasi keseluruhan.

"Jadi, nanti hari Rabu, (17 Januari 2024), kami akan umumkan sebagaimana kebiasaan yang kami lakukan dalam rangka pelaksanaan debat. Mulai dari moderator, panelis, tema, segala macam," ucapnya.

Lebih lanjut, Mellaz menegaskan format debat keempat tidak mengalami perubahan. Adapun tema debat keempat meliputi energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

"Tema yang nanti di debat keempat itu akan berpengaruh dengan penentuan panelis-panelis karena yang kita cari kan kompetensi dari panelis," tandasnya.sinpo

Komentar: