BKSAP DPR Usulkan Langkah Konkret Kemerdekaan Palestina ke OKI

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 14 Januari 2024 | 13:51 WIB
Ketua BKSAP DPR, Fadli Zon (Sinpo.id/DPR)
Ketua BKSAP DPR, Fadli Zon (Sinpo.id/DPR)

SinPo.id -  Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon, mengusulkan langkah konkret untuk menyelamatkan Palestina saat memimpin delegasi dalam Sidang Darurat ke-5 Parlemen OKI (Organisasi Konferensi Islam).

“Ini bukan pertemuan pertama, sementara situasi di Palestina terus memburuk. Tak boleh sekadar business as usual. Rakyat Palestina menunggu langkah konkret kita,” kata Fadli, dikutip Minggu 14 Januari 2024.

Ia juga menekankan kedaruratan implementasi gencatan senjata kemanusiaan dan akses bantuan kemanusiaan yang aman dan tanpa hambatan ke Jalur Gaza.

Selain itu, Fadli juga menyampaikan situasi di Palestina yang terus memburuk. Pasalnya, 70 persen infrastruktur sipil di Jalur Gaza hancur total, dan masyarakat Gaza berada dalam bayang-bayang kelaparan.

“Data-data kekejaman Israel luar biasa tak ada bandingan preseden kejahatannya di abad ini. Kita tak punya cukup waktu untuk sekadar berdiskusi. Yang benar-benar dibutuhkan saat ini adalah langkah-langkah konkret sebagai Parlemen,” ungkapnya.

Oleh karena itu, ia meminta Parlemen OKI memberikan dukungan penuh atas permohonan Afrika Selatan di Mahkamah Internasional, mendorong Palestina menjadi anggota penuh PBB, menolak normalisasi dengan Israel, dan mendukung gerakan isolasi Israel dari interaksi antarnegara.

Hal itu bertujuan untuk mendesak penangguhan keanggotaan Israel, menyampaikan kecaman keras atas standar ganda dan hipokrit sejumlah negara Barat, mendesak reformasi PBB, dan menetapkan Israel sebagai negara teroris dan rezim apartheid.sinpo

Komentar: