Masyarakat Diminta Waspada Banyak Penyakit di Musim Hujan

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 13 Januari 2024 | 17:06 WIB
Ilustrasi banjir musim hujan (Sinpo.id/Pixabay)
Ilustrasi banjir musim hujan (Sinpo.id/Pixabay)

SinPo.id -  Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta  mewaspadai meningkatnya penyakit yang sering muncul saat musim hujan di Ibu Kota.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ani Ruspitawati mengatakan sejumlah penyakit yang berpotensi meningkat seperti Diare, Demam typhoid, Leptospira, Dermatitis, Tetanus, dan gigitan ular. 

"Hingga demam berdarah dengue (DBD). Sampai 8 Januari 2024, untuk incidence ratio (angka kejadian) DBD 34,71 per 100 ribu penduduk," kata Ani Ruspitawati dalam keterangannya, dikutip Sabtu, 13 Januari 2024.

Ani mengatakan, pihaknya juga melakukan antisipasi munculnya peningkatan penyakit-penyakit ini saat banjir dan musim hujan kedalam beberapa tahapan.

Pada tahap prakrisis, Dinkes DKI menyiapkan peningkatan sumber daya kesehatan, pengelolaan risiko krisis, dan pengurangan risiko.

"Tanggap darurat ditujukan untuk merespon seluruh kondisi kedaruratan secara cepat dan tepat guna menyelamatkan, mencegah kecacatan lebih lanjut, dan memastikan program kesehatan berjalan sesuai standar minimal pelayanan," ujarnya.

Kemudian, pada tahap pascakrisis ditujukan untuk mengembalikan kondisi sistem kesehatan seperti pada kondisi prakrisis.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengimbau, seluruh masyarakat Jakarta agar selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat, menjaga imunitas tubuh, menjaga kebersihan lingkungan.

"Melakukan pembersihan pascabanjir, menerapkan 5M Plus, dan hubungi petugas kesehatan apabila ada keluhan kesehatan yang muncul," tandasnya
sinpo

Komentar: