Harga Kedelai Tinggi, DPR akan Perjuangkan Subsidi untuk UMKM Tahu Tempe

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 12 Januari 2024 | 21:41 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani (SinPo.id/ Dok. DPR)
Ketua DPR RI Puan Maharani (SinPo.id/ Dok. DPR)

SinPo.id - Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengatakan pihaknya akan memperjuangkan bantuan bagi UMKM tahu tempe, mengingat adanya permasalahan mengenai bahan baku kedelai yang harganya cukup tinggi dan sering sulit didapat.

“Masalah sangat kompleks, harus berkoordinasi dengan kementerian terkait karena ini masalah ada di Pemerintah, di eksekutif,” kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Jumat 12 Januari 2024.

Ia mengatakan akan terus memperjuangkan agar bantuan subsidi untuk bahan baku kedelai dapat diberikan secara merata kepada seluruh pelaku UMKM tahu tempe di seluruh daerah.

“InsyaAllah akan kita perjuangkan, kalau belum ada solusi terbaik, InsyaAllah kita akan carikan solusi sementara, ada subsidi buat UMKM tahu dan tempe,” tuturnya.

Terlebih, kata Puan, ketergantungan Indonesia terhadap kedelai impor juga menjadi salah satu masalah yang selalu menghantui produsen tahu tempe dalam negeri. Sehingga ia mendorong Pemerintah untuk memberikan solusi komprehensif dan terus menggenjot produksi kedelai.

Selain itu, Puan juga meminta agar pemangku kebijakan terus mendukung kemajuan UMKM, dengan saling bekerja sama memberikan solusi terbaik bagi berbagai permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM.

"Tentu saja DPR RI nanti akan berkoordinasi dengan kementerian atau lembaga terkait karena harus segera dicarikan jalan keluarnya. Nggak bisa Pemerintah Daerah atau Pemerintah Pusat saja, harus bersama-sama,” tandasnya.sinpo

Komentar: