Keberadaan UMKM Jadi Kunci Pengembangan Ekonomi di Desa

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 12 Januari 2024 | 17:35 WIB
Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM), Teten Masduki, (SinPo.id/Galuh Ratnatika)
Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM), Teten Masduki, (SinPo.id/Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM), Teten Masduki, mengatakan keberadaan UMKM merupakan kunci dalam mengembangkan dan mempertahankan vitalitas ekonomi, sosial, dan budaya di desa-desa seluruh Indonesia. 

“UMKM bukan sekadar bisnis, melainkan sumber kehidupan perekonomian dan jantung dari semangat kewirausahaan kita,” kata Teten, dikutip Jumat 12 Januari 2024.

Menurutnya, UMKM juga telah menjadi bagian integral dari Produk Domestik Bruto (PDB), yang memberikan kontribusi signifikan terhadap pendapatan nasional, dan berkontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi inklusif.

Selain itu, UMKM sebagai penggerak ekonomi Indonesia juga diproyeksikan akan bertambah hingga mencapai 83,3 juta pelaku pada tahun 2034. Terlebih, kata Teten, desa-desa di Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan UMKM.

“Desa-desa di Indonesia memiliki potensi besar dalam mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah seperti Sumber Daya Alam, Kerajinan Tangan, Pariwisata, Pertanian, Industri Kreatif, dan potensi luar biasa lainnya,” ungkapnya.

Oleh karena itu, ia berharap dengan meningkatnya kehadiran UMKM di desa-desa, ekonomi Indonesia dapat tumbuh lebih dari 0,1 persen setiap tahunnya. sinpo

Komentar: