Debat Capres cawapres

KPU Tak Akan Ubah Format Debat Tahap Berikutnya Meski diminta Jokowi

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 10 Januari 2024 | 00:07 WIB
Ketua KPU Hasyim As'yari (Khaerul Anam/SinPo.id)
Ketua KPU Hasyim As'yari (Khaerul Anam/SinPo.id)

SinPo.id -  Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari menegaskan tak akan mengubah format debat calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) Pemilu 2024. KPU juga tidak akan mengubah pembagian segmen dan menambah durasi debat dengan alasan format debat itu sudah disepakati oleh masing-masing tim pasangan capres-cawapres.

"Jadi, kalau sudah jadi pola, sudah pakemnya, ya, kita ikuti. Kalau ada perubahan, pasti akan menimbulkan pertanyaan berikutnya, kenapa polanya diubah?," kata Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa, 9 Desember 2024.

Hasyim juga menegaskan tidak akan membuat rambu-rambu baru pada dua debat capres-cawapres berikutnya yang masih tersisa. Menurut dia, panduan pada setiap segmen debat Capres-cawapres sudah jelas, sehingga tidak perlu lagi adanya peraturan tambahan.

"Kan model atau bentuk debatnya sudah disepakati. ada 6 segmen. segmen pertama visi misi program, segmen 2 dan 3 pertanyaan yang telah disiapkan panelis dan kemudian masing-masing calon menjawab, segmen 4 dan 5 adalah pertanyaan masing-masing calon kepada calon yang lain dan dijawab oleh calon, segmen ke-6 penutup," ujar Hasyim menjelaskan.

Durasi debat juga sudah ditetapkan dan jelas diatur. “Jadi, memang modelnya seperti itu. Debat 4 dan 5 pun akan begitu," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menilai substansi visi dan misi pasangan calon presiden dan wakil presiden pada debat ketiga capres Pemilu 2024 tidak terlalu terlihat.

Menurut Jokowi, debat capres-cawapres berikutnya perlu diformat lebih baik lagi dengan adanya rambu-rambu, sehingga debat dapat lebih hidup.sinpo

Komentar: