Kunjungan Kerja, Jokowi Bertolak ke Filipina, Vietnam dan Brunei

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 09 Januari 2024 | 21:28 WIB
Presiden Jokowi (SinPo.id/ Setpres)
Presiden Jokowi (SinPo.id/ Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam. Kunjungan kerja luar negeri ini akan berlangaung semalam lima hari ke depan.

Rencananya Jokowi bersama delegasi terbatas akan kembali tiba di Indonesia pada tanggal 14 Januari 2024 mendatang.

"Kunjungan terakhir saya ke ketiga negara ini sudah lebih dari lima tahun yang lalu dan sudah dikunjungi oleh beliau-beliau mungkin tidak sekali, dua kali, tiga kali bahkan mungkin lima kali, baik perdana menteri maupun presidennya," kata Jokowi di Lapangan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa, 9 Januari 2024.

Jokowi menjelaskan, dalam kunjungan ke Filipina, ia akan menghadiri perayaan 75 tahun hubungan diplomatik antarkedua negara.

"Filipina merupakan mitra penting Indonesia. Produk alutsista Indonesia banyak yang dibeli oleh Filipina serta investasi Indonesia di Filipina juga cukup signifikan," ujarnya.

Kemudian di Vietnam, Jokowi menyebut akan membicarakan terkait perdagangan. Dimana, Vietnam sebagai mitra strategis perdagangan Indonesia untuk mencapai target yang makin baik. 

"Sehingga kita ingin membicarakan target pencapaian untuk perdagangan yang lebih baik lagi," jelasnya.

Sedangkan di Brunei Darussalam, Jokowi akan menghadiri royal wedding atau pernikahan Pangeran Mateen.

"Terakhir memang kunjungan ini karena ada undangan dari Sultan Hassanal Bolkiah untuk perkawinan anaknya Pangeran Mateen sehingga ini juga adalah kunjungan khusus ke Brunei Darussalam," paparnya.

"Selain juga ada pertemuan dengan pengusaha-pengusaha Brunei agar investasi di Indonesia," tandasnya.sinpo

Komentar: