Aksi Acungkan Tiga Jari saat Debat Capres, KPU akan Evaluasi Pendukung

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 08 Januari 2024 | 15:38 WIB
Debat capres 2024 (SinPo.id/ Ashar)
Debat capres 2024 (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI bakal melakukan evaluasi terhadap aksi pendukung pasangan calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang mengacungkan tiga jari pada debat ketiga Pilpres 2024.

Pendukung Ganjar-Mahfud beberapa kali tertangkap layar kamera mengacungkan tiga jari saat Prabowo Subianto dan Anies Baswedan mendapatkan kesempatan berbicara di debat.

"Ya nanti minta evaluasi dengan tim paslon," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dalam keterangannya yang diterima, Senin, 8 Januari 2024.

Hasyim mengatakan, pihaknya akan melakukan evaluasi dengan masing-masing tim pasangan capres dan cawapres terkait dinamika yang terjadi saat debat ketiga.

"Ya nanti kita bahas dengan tim paslon, ya saat evaluasi beberapa hal yang tadi, apa yang terjadi disituasi debat tadi. Apakah di situasi debatnya atau situasi para pendukungnya," paparnya.

Sebelumnya, pendukung Ganjar-Mahfud yang duduk di belakang moderator terlihat selalu mengacungkan tiga jari selama belasan detik ketika capres Anies Baswedan dan Prabowo Subianto mendapatkan giliran bicara.

Tindakan ini kemudian diprotes oleh dua politisi Partai Solidaritas Indonesia yang mengusung Prabowo, Grace Natalie dan Isyana Bagoes Oka.sinpo

Komentar: