Posisi Ganjar Saat Debat Capres Ada di Tengah, Ini Alasan KPU

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 08 Januari 2024 | 09:25 WIB
Penempatan Ganjar di tengah debat capres (Sinpo.id/Ashar)
Penempatan Ganjar di tengah debat capres (Sinpo.id/Ashar)

SinPo.id -  Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim As'yari menjelaskan alasan calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo ditempatkan di tengah pada debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta Pusat.

Hayim mengatakan, bahwa perubahan posisi capres dalam debat sudah menjadi kesepakatan dengan tim masing-masing calon dalam rapat koordinasi.

"Dalam pembicaraan dalam tim paslon (pasangan calon), disepakati begitu," kata Hasyim kepada wartawan, dikutip Senin, 8 Januari 2024.

Hasyim mengungkapkan, sesuai kesepakatan bersama tim masing-masing calon, penempatan posisi ditengah panggung tergantung pada giliran capres pertama berbicara.

Dalam debat ketiga di Istora Senayan, Ganjar memperoleh kesempatan pertama untuk menyampaikan visi-misinya sebagai capres.

"Ketika tadi kesempatan bicara kan, ya begitu. Jadi menatanya posisi karena sesuai dengan giliran atau urutan bicara pertama dan itu disepakati dalam pembicaraan dengan tim paslon," ujarnya.

Sebegai informasi, pada debat ketiga yang berlangsung pada, Minggu malam, 7 Januari 2024, urutan duduk paslon tidak lagi sesuai nomor urut dari kiri ke kanan panggung.

Posisi pasangan Ganjar-Mahfud duduk di tengah, bertukar tempat dengan pasangan Prabowo-Gibran. Semantara pasangan Anies-Muhaimin tetap di sebelah kiri panggung.

Pada dua debat sebelumnya, sisi bagian kiri panggung tempati pasangan nomor urut 1 Anies-Muhaimin, bagian tengah ditempati pasangan nomor urut 2 Prabowo-Gibran, dan kanan ditempati pasangan nomor urut 3 Ganjar-Mahfud.
sinpo

Komentar: