Kompolnas Apresiasi Kinerja Polri di Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Laporan: Sigit Nuryadin
Kamis, 04 Januari 2024 | 20:38 WIB
Jemaat Kristiani melaksanakan ibadah malam Misa Natal di Gereja Katedral (Ashar/SinPo.id)
Jemaat Kristiani melaksanakan ibadah malam Misa Natal di Gereja Katedral (Ashar/SinPo.id)

SinPo.id - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengapresiasi kinerja Polri terkait keberhasilan mengamankan perayaan Natal 2023 dan Tahun 2024 yang berjalan aman, nyaman dan lancar.

Anggota Kompolnas Poengky Indarti menyebut, Polri bekerja secara profesional dan penuh dedikasi demi melayani masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun Baru. 

“Kompolnas mengapresiasi kinerja anggota Polri di seluruh Indonesia yang telah profesional dan sepenuh hati dalam melaksanakan Operasi Lilin, sehingga perayaan Natal dan Tahun Baru berlangsung aman, nyaman, dan lancar sesuai harapan,” ujar Poenky dalam keterangannya, Kamis, 4 Januari 2024.

Menurut dia, Kompolnas melaksanakan kewenangannya untuk memastikan Polri profesional dan mandiri dalam menjalankan tugasnya. Hal itu lantaran, Kompolnas sebagai pengawas fungsional Polri. 

"Kompolnas melakukan pengawasan dan supervisi di beberapa Polda terkait pelaksanaan Operasi Lilin 2023,” ungkap dia. 

Adapun beberapa Polda yang didatangi Kompolnas, di antaranya Polda Sumatera Utara, Polda Papua, Polda Maluku Utara, Polda Kalimantan Barat, Polda Lampung dan Polda Bali.

Poenky mengatakan, hasil pengawasan tersebut, jajaran Polri di seluruh Indonesia telah profesional dan sepenuh hati dalam melaksanakan Operasi Lilin 2023.

"Tidak ada gangguan dari kelompok intoleran yang mengganggu saudara-saudara kita yang beragama Nasrani. Pun tidak ada serangan dari kelompok teroris ataupun kelompok radikal,” kata Poengky. 

Lebih jauh, Poenky menuturkan, ada beberapa faktor yang membuat pelaksanaan Operasi Lilin 2023 berjalan lancar, di antaranya koordinasi dan dukungan sarana serta prasarana yang mumpuni.

Kompolnas, kata dia, melihat koordinasi yang baik antara Polri dan pemangku kepentingan terkait menjadi kunci suksesnya Operasi Lilin 2023, ditambah lagi dengan semakin modernnya peralatan Polri, sehingga mampu mencegah gangguan yang muncul, antara lain tersedianya pusat komando (command center) di setiap Polda yang terhubung dengan seluruh jajaran Polres dan Polsek, hingga ke pos-pos pantau.

“Kerja sama Polri dengan media massa juga sukses mengamplify informasi terkini seputar situasi arus lalu lintas, sehingga masyarakat dapat mengupdate kapan ada pengalihan arah, kapan ada kontra flow, kapan ada sistem buka-tutup, dan sebagainya,” ujar Poengky.sinpo

Komentar: