Gempa Bumi di Jepang, Pemerintah Indonesia Sampaikan Duka Cita

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 03 Januari 2024 | 10:59 WIB
Foto yang dirilis oleh Kyodo menunjukkan sebuah rumah yang runtuh akibat gempa di Wajima, prefektur Ishikawa, Jepang, pada 1 Januari 2024. (SinPo.id/Reuters)
Foto yang dirilis oleh Kyodo menunjukkan sebuah rumah yang runtuh akibat gempa di Wajima, prefektur Ishikawa, Jepang, pada 1 Januari 2024. (SinPo.id/Reuters)

SinPo.id - Pemerintah Indonesia menyampaikan duka cita mendalam atas bencana gempa bumi di prefektur Ishikawa dan sekitar wilayah Hokuriku, Jepang pada Senin, 1 Januari 2024.

Pernyataan duka cita itu disampaikan melalui kicauan di akun Twitter alias X Ministry of Foreign Affairs of the Republik of Indonesia @MoFA Indonesia, dikutip pada Rabu, 3 Januari 2024.

"Indonesia sangat berduka atas bencana gempa bumi dahsyat yang terjadi di Prefektur Ishikawa dan sekitar wilayah Hokuriku di Jepang," kata Kementerian Luar Negeri.

Pemerintah berharap Jepang bisa segera pulih dari bencana alam tersebut.

"Indonesia menyatakan solidaritasnya dengan masyarakat Jepang, dan kami dengan tulus berharap semua yang terkena dampak bencana alam ini dapat segera pulih sepenuhnya," katanya.

Gempa di Jepang menyebabkan penduduk di beberapa daerah pesisir mengungsi ke tempat lebih tinggi karena gelombang tsunami menghantam pantai barat Jepang, menyeret beberapa mobil dan rumah ke laut.

Gempa juga dirasakan di wilayah Prefektur Niigata, Toyama, dan Fukui, Nagano, Gifu, Tokyo, Yamagata, Fukushima, Ibaraki, Tochigi, Gunma, Saitama, Shizuoka, Aichi, Mie, Shiga, Kyoto, Osaka, Hyogo, Nara, Tottori, Iwate, Miyagi, dan Akita.

Hingga Selasa, 2 Januari 2024, terdapat 30 orang tewas dan 14 korban luka parah.

Pemerintah Ishikawa melaporkan bahwa separuh jumlah korban tewas berada di Kota Wajima, lokasi kebakaran besar yang melanda rumah-rumah.sinpo

Komentar: