Ridwan Kamil Yakin Elektabilitas Prabowo-Gibran Melejit Usai Debat ke-3

Laporan: Bayu Primanda
Minggu, 31 Desember 2023 | 13:33 WIB
Prabowo-Gibran usai Debat Cawapres (Sinpo.id/Ashar)
Prabowo-Gibran usai Debat Cawapres (Sinpo.id/Ashar)

SinPo.id -  Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran wilayah Jawa Barat, Ridwan Kamil, meyakini debat ketiga capres Pemilu 2024, yang mengangkat tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik, akan memompa elektabilitas pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Insyaallah kami meyakini akan menambah persentase kenaikan elektabilitas pasangan 02," kata Ridwan Kamil saat dihubungi dari Jakarta, Sabtu, 30 Desember 2023.

Mantan gubernur Jawa Barat itu menilai tema debat ketiga, yang akan digelar pada 7 Januari 2024 itu, akan menguntungkan bagi capres Prabowo Subianto karena berpengalaman dengan latar belakangnya dari militer.

Selain itu, jabatan menteri pertahanan yang saat ini diemban Prabowo juga akan semakin membuatnya kuat dan menguasai jalannya debat.

"Debat pertahanan dan keamanan tentunya strong point Pak Prabowo," tambah Ridwan Kamil.

Namun demikian, dia menambahkan hasil debat tidak serta merta membuat para pemilih bimbang, yang jumlahnya mencapai 6 hingga 7 persen, akan langsung menentukan pilihan mereka.

Tugas para pasangan calon dan KPU, sebagai penyelenggara pemilu, kata dia, hanya memastikan jumlah golongan putih (golput) bisa seminimal mungkin untuk membuka peluang Pilpres 2024 berlangsung satu putaran.

"Pemilih bimbang itu selalu ada sampai detik akhir. Sesuatu hal yang lumrah. Mereka ini kelompok yg memutuskan saat di TPS (tempat pemungutan suara). Tugas pasangan calon dan KPU adalah memastikan jumlah golput sesedikit mungkin, sehingga satu putaran sangat mungkin," ujar Ridwan Kamil.
​​​​​​​
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Debat ketiga capres Pemilu 2024 mengangkat tema tentang pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Sebelumnya, KPU RI telah menggelar debat pertama capres Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, pada Selasa (12/12).

Tema debat pertama capres itu adalah pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Kemudian, pada Jumat (22/12), KPU menggelar debat kedua cawapres Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, dengan tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Rangkaian debat Pilpres 2024 dijadwalkan masih berlangsung tiga kali lagi, yakni pada 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, serta 4 Februari 2024.sinpo

Komentar: