Ditanya Ketua KPU Soal Tukin, Jokowi: Diusahakan Januari Selesai

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 30 Desember 2023 | 16:36 WIB
Presiden Joko Widodo (SinPo.id/ Setpres)
Presiden Joko Widodo (SinPo.id/ Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pemerintah akan mengupayakan agar tunjangan kinerja atau tukin bagi anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera cair.

Jokowi mengaku ditagih oleh Ketua KPU Hasyim Asy’ari terkait kepastian turunnya anggaran tukin bagi anggotanya.

"Tadi waktu akan masuk ke hal ini saya ditanyakan Pak Ketua KPU, Pak tukinnya gimana?," kata Jokowi di rapat konsolidasi nasional kesiapan Pemilu 2024 di Jakarta, Sabtu, 30 Desember 2023.

Jokowi mengaku belum mengesahkan kenaikan tunjangan kinerja bagi anggota KPU. Dirinya juga mencoba mengecek surat keputusan mengenai tukin KPU ke Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg).

"Saya belum tanda tangan. Kemudian tadi langsung cek ke Mensesneg ini posisinya sedang berada di mana, ternyata masih di Menpan," ujar Jokowi.

Karena masih dalam proses, Jokowi belum dapat memberikan kepastian soal kapan tukin KPU disahkan. Namun, Jokowi berjanji akan menyelesaikannya pada Januari 2024.

"Saya akan berusaha di Januari akan selesai," tegasnya.

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan agar masalah ini tidak menganggu tahapan Pemilu 2024. "Urusan-urusan sensitif seperti ini jangan sampai mengganggu tahapan pemilu," tandasnya.sinpo

Komentar: