Ratusan Ribu Kendaraan Telah Meninggalkan Jabodetabek pada H-7 Natal 2023

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 19 Desember 2023 | 21:57 WIB
Kendaraan memadati gerbang tol (SinPo.id/ Dok. Jasa Marga)
Kendaraan memadati gerbang tol (SinPo.id/ Dok. Jasa Marga)

SinPo.id - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 156.080 kendaraan telah meninggalkan wilayah Jabodetabek pada H-7 Perayaan Natal 2023. Angka tersebut merupakan angka kumulatif dari arus lalu lintas di empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama.

Adapun empat Gerbang Tol tersebut yakni, GT Cikupa (menuju arah Merak), GT Ciawi (menuju arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (menuju arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (menuju arah Bandung).

Total volume lalu lintas yang meninggalkan wilayah Jabotabek tersebut meningkat 18,31 persen jika dibandingkan dengan lalu lintas normal. Bahkan cenderung meningkat jika dibandingkan dengan periode Natal tahun 2022.

Rinciannya, sebanyak 65.090 kendaraan atau 41,70 persen menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 53.560 kendaraan atau 34,32 persen menuju menuju arah Barat (Merak), dan 37.430 kendaraan atau 23,98 persen menuju arah Selatan (Puncak).

Oleh karena itu, Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk memastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, serta tetap mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker) saat berada di rest area.

Termasuk juga memastikan BBM dan saldo uang elektronik mencukupi untuk perjalanan, serta selalu mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan.sinpo

Komentar:
BERITATERKINI