Jokowi Resmikan Revitalisasi Jembatan Otista Kota Bogor Senilai Rp50 Miliar

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 19 Desember 2023 | 13:11 WIB
Presiden Jokowi meresmikan revitalisasi Jembatan Otista di Kota Bogor. (SinPo.id/tangkapan layar Youtube Setpres)
Presiden Jokowi meresmikan revitalisasi Jembatan Otista di Kota Bogor. (SinPo.id/tangkapan layar Youtube Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan revitalisasi Jembatan Otto Iskandar Dinata (Otista) di Kota Bogor, Jawa Barat. Jembatan tersebut diperbaiki kembali sejak awal 2023. Pembangunan baru jembatan ini sebagai upaya mengatasi kemacetan di Kota Bogor.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada pagi hari ini saya resmikan jembatan Otto Iskandar Dinata Kota Bogor," kata Jokowi saat peresmian, dikutip Youtube Sekretariat Presiden pada Selasa19 Desember 2023.

Jokowi mengatakan, proyek revitalisasi Jembatan Otista tersebut menghabiskan biaya sekitar Rp 50 miliar.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya menjelaskan bahwa jembatan Otista ini dibangun pada tahun 1920, kemudian jembatan tersebut diperlebar pada 1970.

"Dan pada 90-an menjadi arus utama di kota Bogor, macet, dipenuhi oleh pedagang," ujarnya.

Kemudian pada 2015, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melakukan kajian sehingga diterapkan kebijakan sistem satu arah di sekitar Istana Bogor. Setelah itu, ternyata di titik jembatan Otista adalah titik penyempitan dan warga pun meminta pelebaran jembatan.

"Kami mengajukan kepada provinsi, sempat disetujui di tahun 2020 tetapi karena Covid-19 terjadi, kebijakan rasionalisasi ditunda. Baru kemudian pada awal tahun ini jembatan ini dibangun," tandasnya.sinpo

Komentar: